KISAH SUKSES : Brand Rounn Bag, Merek Tas Lokal yang Menembus Pasar Mancanegara

KISAH SUKSES : Brand Rounn Bag, Merek Tas Lokal yang Menembus Pasar Mancanegara

Ekonomi | serpong.inews.id | Senin, 25 Maret 2024 - 07:40
share

SIAPAKAH PEMILIK brand Rounn Bag? Pemiliknya Ivan Tiono dan Jessica Ariella. Produsen tas asal Surabaya yang berhasil memasuki pasar mancanegara ini didirikan didirikan sejak 2014.

Inspirasi yang mendasari pendirian Rounn adalah kebutuhan akan tas custom yang belum sepenuhnya terpenuhi di kalangan industri fashion lokal saat itu.

Rounn menawarkan layanan custom yang memungkinkan konsumen memilih warna dan inisial nama, yang sampai saat ini menjadi ciri khasnya. Tas-tas Rounn diproduksi dengan desain klasik nan elegan dan beragam pilihan warna.

Pemasaran dan Branding

Ivan Tiono, salah satu pendiri Rounn Bag, memiliki latar belakang sebagai seorang arsitek, tetapi ia memainkan peran penting dalam strategi pemasaran dan branding CV Rounn Indonesia.

Strategi pemasaran yang sukses telah membawa Rounn ke pasar internasional. Rounn juga berhasil berkolaborasi dengan selebritis dan influencer fashion seperti Richard Kyle, Caren Delano, Sandra Dewi, dan Nagita Slavina, sementara Jessica bertindak sebagai creative director.

Strategi layanan tas custom yang didukung oleh pemasaran melalui selebritis dan influencer telah membawa Rounn ke pasar internasional, dengan mencapai konsumen di berbagai negara termasuk UEA, Thailand, Italia, Inggris, Malaysia, Singapura, dan lainnya. Selama pandemi, penjualan Rounn bahkan meningkat hingga 400.

Tas Rounn menggunakan kulit sapi sebagai bahan utama, yang sebagian didapat dari supplier lokal dan sebagian lagi harus didatangkan dari luar negeri. Proses perancangan produk Rounn bisa memakan waktu antara 6 hingga 12 bulan.

Saat ini, Rounn tersedia di berbagai platform e-commerce dan situs ritel fashion di Indonesia dengan harga jual berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta lebih. Selain tas, Rounn juga memproduksi sepatu, landyard, dompet, dan produk lainnya.

Demikianlah informasi tentang pemilik brand Rounn Bag, merek tas lokal asal Surabaya yang berhasil merambah pasar internasional. (*)

Topik Menarik