5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Ekonomi | probolinggo.inews.id | Rabu, 7 Februari 2024 - 20:42
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Indonesia merupakan salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia. Pada tahun 2022, Indonesia memproduksi sekitar 80.000 ton timah, yang menempati peringkat keempat di dunia setelah China, Peru, dan Myanmar. Berikut adalah 5 daerah penghasil timah terbesar di Indonesia:

1. Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung adalah penghasil timah terbesar di Indonesia, dengan produksi mencapai 60.000 ton per tahun. Pulau Bangka dan Belitung memiliki kandungan timah yang melimpah, dan penambangan timah telah menjadi bagian penting dari ekonomi di provinsi ini.

2. Riau

Provinsi Riau adalah penghasil timah terbesar kedua di Indonesia, dengan produksi mencapai 10.000 ton per tahun. Kabupaten Karimun dan Kepulauan Riau adalah daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

3. Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau adalah penghasil timah terbesar ketiga di Indonesia, dengan produksi mencapai 5.000 ton per tahun. Pulau Bintan dan Batam adalah daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

4. Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat adalah penghasil timah terbesar keempat di Indonesia, dengan produksi mencapai 2.500 ton per tahun. Kabupaten Bengkayang dan Singkawang adalah daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

5. Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara adalah penghasil timah terbesar kelima di Indonesia, dengan produksi mencapai 2.000 ton per tahun. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Minahasa Utara adalah daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

Dampak Penambangan Timah

Penambangan timah dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi lingkungan dan masyarakat. Dampak positifnya adalah:

  • Menciptakan lapangan pekerjaan
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat
  • Meningkatkan pendapatan daerah

Dampak negatifnya adalah:

Oleh karena itu, penambangan timah harus dilakukan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab untuk meminimalkan dampak negatifnya.

Topik Menarik