LRT Jabodebek Pasang Tarif Rp1 per Orang pada 12 Juli 2023

LRT Jabodebek Pasang Tarif Rp1 per Orang pada 12 Juli 2023

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 13:17
share

JAKARTA - LRT Jabodebek direncanakan melakukan soft launching atau joyride pada 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 dengan tarif Rp1 per orang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, penentuan tarif joyride tersebut masih dalam tahap perumusan.

Berapa Tarif LRT Jabodebek? Ini Bocoran dari Kemenhub

"Ini (tarif Rp1) masih kami rumuskan kami dari regulator karena ini juga sekaligus untuk familiarisasi dengan sistem payment-nya," kata Adita dalam siaran Market Review di IDX Channel, Jumat (9/6/2023).

Selain untuk familiarisasi, tarif tersebut diberlakukan karena untuk menguji sistem pembayaran yang semuanya sudah cashless.

LRT Jabodebek Soft Launching 12 Juli, Tarifnya Rp1

"Nanti semuanya pakai tap in segala macam itu kan harus dibiasakan dan diujicobakan juga secara operasionalnya seperti apa, menguji sistemnya juga," ujarnya.

Dengan ditetapkannya tarif tersebut, ia berharap semua proses dari mulai pembayaran hingga nanti masuk ke dalam kereta dapat tersimulasikan dengan baik kepada masyarakat.

"Beda kalau gratis sama sekali, kan ini nanti tidak akan mengalami proses itu, jadi ini yang sedang kami siapkan. Tetapi pastinya seperti apa nanti kita akan tetapkan dalam sebuah ketentuan dan nanti KAI sebagai operator tentu akan mensosialisasikan itu," pungkasnya.

Topik Menarik