Zona Euro Resmi Masuki Resesi di Tengah Inflasi Tinggi

Zona Euro Resmi Masuki Resesi di Tengah Inflasi Tinggi

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 08:30
share

IDXChannel - Ekonomi Zona Euro jatuh ke dalam resesi teknis pada kuartal I 2023. Hal tersebut diungkap data dari badan statistik Eurostat.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (9/6/2023), produk domestik bruto (PDB) 20 negara Zona Euro turun 0,1% pada kuartal pertama. Pertumbuhan ekonomi juga merosot 0,1%, di triwulan sebelumnya.

Kontraksi dua kuartal berturut-turut merupakan tanda utama resesi teknis. Zona Euro adalah sebutan untuk negara-negara yang menggunakan mata uang euro.

"Permintaan domestik tidak berada dalam kondisi yang baik," kata analis Oxford Economics dalam sebuah catatan.

Analis Oxfors Economics menambahkan belanja publik di kuartal pertama mencatat kontraksi yang terbesar sejak gelombang pertama wabah virus corona pada 2020.

"Ke depan, pertumbuhan akan tetap lemah meskipun harga energi turun. Pengetatan kebijakan moneter mengurangi investasi dan tekanan inflasi yang masih ada membatasi konsumsi," kata mereka.

Sementara itu, para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pertumbuhan triwulanan akan mulai pulih di sisa tahun ini. Mereka juga memprediksi Bank Sentral Eropa (ECB) akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis pada Juni dan Juli untuk melawan inflasi yang membandel.

Dari 20 negara Zona Euro, PDB menurun secara kuartal-ke-kuartal di Jerman, Irlandia, Yunani, Lithuania, Malta dan Belanda. (WHY)

Topik Menarik