Kerap Dipercaya Jokowi, Erick Thohir Dinilai Kandidat Terkuat Cawapres

Kerap Dipercaya Jokowi, Erick Thohir Dinilai Kandidat Terkuat Cawapres

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 23:50
share

JAKARTA Erick Thohir dinilai memiliki kans terkuat untuk mendampingi salah satu calon presiden (capres) pada kontestasi Pilpres 2024 . Hal ini melihat rekam jejak atau track record Erick Thohir selama di pemerintahan Presiden Jokowi.

Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu belakangan mendapat sorotan positif dari berbagai lapisan masyarakat. Sukses mentransformasi BUMN menjadi lebih baik, Erick Thohir kerap menjadi pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi.

Pengamat politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko menilai saat ini nama Erick Thohir acapkali disebutkan Presiden Jokowi. Di beberapa kesempatan besar orang nomor satu di Indonesia tersebut selalu memberikan kode jika pemerintahan saat ini harus dipimpin oleh orang yang bernyali.

Kita lihat bagaimana Jokowi sebagai presiden itu menunjuk atau mempercayakan beberapa event yang besar itu kepada Erick Thohir, ujar Anang, Kamis (8/6/2023).

Kendati demikian, Anang menganggap ucapan Presiden Jokowi terkait Erick Thohir itu sebagai bentuk endorse atau bukan, masih menjadi rahasia yang belum terungkap. Tetapi Anang melihat tak hanya sekali Presiden Jokowi melontarkan simbol-simbol ucapan tersebut.

Bisa jadi itu sebagai upaya untuk mendorong Erick Thohir sebagai calon atau kandidat cawapres, kata Anang.

Perkataan yang kerap diucapkan Presiden Jokowi memang masih menjadi tanda tanya besar dan perhatian publik. Sebab selama ini Erick Thohir memang selalu menjadi menteri yang memiliki kinerja baik di kabinet Indonesia Maju.

Apakah kemudian dengan simbol-simbol yang dilontarkan Jokowi yang secara tidak langsung menyatakan Erick Thohir itu layak, ya barangkali bisa diartikan demikian, pungkas Anang.

(thm)

Topik Menarik