15 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet, Nomor 10 Paling Gampang, Bisa Sambil Ongkang-ongkang Kaki

15 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet, Nomor 10 Paling Gampang, Bisa Sambil Ongkang-ongkang Kaki

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 02:08
share

FAJAR.CO.ID Bekerja di dunia maya makin diminati. Banyak cara mendapatkan uang dari internet. Bahkan, tidak sedikit yang menjadikan internet sebagai sumber penghasilan utama.

Berikut cara menghasilkan uang dari internet:

  1. Kreator Konten

Media sosial tidak hanya sekadar wadah untuk berbagi aktivitas sehari-hari atau menuangkan pikiran. Kini, kian banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan uang dengan menjadi kreator konten.

Konten bisa berbagai macam jenisnya. Ada video, tulisan, maupun podcast. Konten media sosial dibuat sesuai target penonton yang diinginkan.

Jumlah komisi akan dihitung berdasarkan jumlah views atau penonton yang berhasil reach out ke konten yang kamu buat. Semakin banyak yang tonton, semakin besar pula komisimu.

  1. Pekerja Lepas

Salah satu cara yang cukup mudah mendapatkan uang dari internet dengan menjadi pekerja lepas atau freelancer.
Cara kerja freelancer atau pekerja lepas mirip kreator konten, yakni membuat karya atau konten di media sosial maupun situs atau web.

Perbedaannya, kreator konten umumnya bekerja untuk media sosial pribadi, sedangkan pekerja lepas bekerja untuk orang lain. Hasil karya tentu menjadi milik orang lain yang memberikan pekerjaan paruh waktu.

Media publikasi pekerja lepas bisa berupa blog, akun Youtube, maupun media sosial lainnya.

Namanya pekerja lepas, waktu dan tempat sangat fleksibel. Cocok untuk kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan di luar kantor.

Tugas pekerja lepas hanya menemukan satu bidang yang paling dikuasai, kemudian cari perusahaan yang memerlukan jasamu.

  1. Jasa Konsultasi Online

Cara menghasilkan uang dari internet tidak melulu soal menjual barang milik sendiri maupun orang lain. Kamu juga bisa bekerja melalui internet dengan menawarkan jasa atau keahlian.

Salah satunya dengan menawarkan jasa konsultasi online. Materinya bisa tentang hukum, kesehatan mental, masalah finansial, pelajaran sekolah, maupun tutorial tertentu.

Sebagai konsultan, tentu harus benar-benar menguasai atau paham tentang bidang yang ingin dikonsultasikan oleh orang lain.

Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas di mata klien, sehingga jasamu dipakai terus-menerus. Jika sudah dikenal, bukan kamu lagi yang cari klien, tapi klien yang mencarimu.

  1. Cuan dari Google Adsense

Sumber penghasilan lain dari internet adalah mendapat iklan dari Google alias Google Adsense. Program Google Adsense dapat diikuti dengan memiliki blog atau situs terlebih dahulu.

Google menyediakan layanan google adsense bagi perusahaan maupun pribadi yang ingin beriklan di blog atau situs tertentu. Google akan menempatkan iklan di ruang-ruang yang telah kita sediakan di blog atau situs.

Besar kecilnya pemasukan sangat bergantung pada kualitas blog atau situs yang kita kelola. Pastikan jumlah pengunjung blog stabil agar pembuatan Google Adsense disetujui, dan kamu bisa menikmati penghasilan dari internet.

  1. Link Afiliasi

Berjualan di internet tidak harus memiliki barang sendiri. Kamu juga bisa menjual barang milik orang lain, bahkan yang tidak kita kenal sekalipun.

Ribuan barang bisa kita jual melalui link afiliasi yang disediakan oleh perusahaan tempatmu menjadi afiliator. Link afiliasi biasanya ditawarkan oleh e-commerce tertentu.

Tugasmu afiliator hanya membagikan link produk yang dijual e-commerce ke berbagai sosial media, seperti TikTok, Instagram, atau Facebook.

Jika punya akun Tiktok, misalnya, kamu bisa bergabung sebagai kreator di sana. Kemudian, ajukan akunmu untuk program afiliasi. Komisi akan dihitung berdasarkan jumlah produk yang berhasil terjual dari link yang dibagikan.

  1. R eseller Online

Reseller online dapat menjadi solusi bagi yang suka jualan, tapi modalnya terbatas. Produk yang dijual dapat berupa kebutuhan sehari-hari, pakaian, sarung bantal, perabotan, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal seleksi produk mana yang paling diminati oleh konsumen, dan pastinya tidak akan mati.

Kebanyakan reseller akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada pembeli biasa. Sebab, kuantitas produk yang dibeli banyak. Tugas reseller adalah menjual kembali barang yang dibeli dari supplier dengan harga yang lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan.

  1. Dropshipper

Selain reseller online, pekerjaan lain di dunia maya yang juga bisa dilakukan dengan menjadi dropshipper. Jika ingin menjadi dropshipper, tidak perlu memiliki toko sendiri, bahkan tidak perlu memiliki stok barang yang akan dijual.

Tugas dropshipper hanya sebagai pihak ketiga yang menghubungkan penjual dan pembeli. Begitu ada pembeli, dropshipper langsung melemparkan pesanan ke supplier untuk diproses dan dikirimkan ke pembeli.

Modal yang dibutuhkan dropshipper jauh lebih sedikit dibandingkan reseller. Modal hanya terpakai saat ada pembeli, selebihnya tidak. Keuntungan dropshipper didapat dari selisih harga beli dan jualnya, sama seperti reseller.

  1. Guru Bahasa Asing

Pemula di dunia internet juga bisa cepat memperoleh uang dengan menjadi guru bahasa asing. Tentunya, jika ingin menjadi guru bahasa asing, kamu harus menguasai bahasa asing tertentu.

Keahlian menguasai bahasa asing bisa dimanfaatkan untuk membuka kelas online dengan pangsa pasar anak sekolah. Bisa anak SD, SMP, atau SMA.

Materi pembelajaran bisa disesuaikan dengan tingkatan sekolah masing-masing anak. Misalnya di tingkat SMA, kamu bisa ajarkan materi tentang infinitive atau gerund. Pastikan kamu punya kemampuan untuk menyampaikan materi dengan baik agar anak murid mudah memahami.

  1. Membuat Buku Elektronik

Buku adalah salah satu karya tertulis yang pasti dicari sampai kapanpun. Tidak harus berupa buku yang dicetak di percetakan.

Buku elektronik yang juga dikenal dengan nama E-Book sering digunakan untuk mencari referensi tentang tulisan, makalah, atau suatu penelitian. Bayangkan kalau kamu bisa membuat satu e-book, berapa banyak penghasilan yang bisa didapatkan.

Memang, membuat e-book tidaklah mudah. Kamu harus mendalami satu materi tertentu, lalu menuliskannya dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami. Tapi tenang, usahamu akan terbayar dan namamu akan terus diingat oleh pembaca yang sempat membawa karyamu.

  1. Menonton Video Online

Cara dapatkan uang dari internet kini semakin mudah, yaitu dengan menonton video online. Videonya dapat ditonton lewat aplikasi, seperti Snackvideo yang telah terbukti sejak tahun 2020.

Jika ingin memperoleh penghasilan tambahan, kamu bisa membagikan kode referral kepada keluarga, teman, atau rekan kerja untuk mengunduh Snackvideo di Play Store.

Kamu akan mendapatkan koin dari setiap video yang berhasil ditonton. Nah, koin-koin ini dapat ditukarkan dengan saldo Dana atau Shopeepay.

  1. Investasi Domain

Ada banyak pilihan investasi yang sedang viral. Satu yang agak jarang didengar, tapi patut dicoba adalah investasi domain. Cara kerjanya adalah dengan membuat domain sendiri, tingkatkan trafik domain tersebut, kemudian jual kepada orang yang membutuhkan.

Penghasilan yang diperoleh fantastis, lho! Apalagi kalau domain milikmu memiliki jumlah trafik yang tinggi. Lakukan ini untuk domain-domain lain, lalu jual pada waktu yang tepat.

  1. Main Cryptocurrency

Cryptocurrency menjadi investasi yang diminati, khususnya millennial. Alasannya tak lain karena keuntungannya berjumlah fantastis. Jika beruntung, kamu bisa memperoleh untung hingga 100% dalam hitungan jam.

Namun, perlu diketahui pula bahwa risiko bermain cryptocurrency pun sangat tinggi. Dibutuhkan kehati-hatian dan kemampuan membaca grafik riwayat harganya untuk memudahkanmu memprediksi harga di kemudian hari.

Dan satu lagi, pastikan kamu bukan tipikal orang yang panic attack karena cryptocurrency lebih cocok untuk orang-orang yang tenang dan memiliki profil risiko investasi yang tinggi.

  1. Jual Beli Saham

Sama seperti investasi cryptocurrency yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Bedanya adalah fluktuasi harga saham lebih terkendali, karena ada ketetapan dari OJK.

Jika harga saham suatu emiten mengalami kenaikan yang tidak masuk akal, misalnya, maka OJK bisa saja memberikan suspend kepada emiten yang bersangkutan.

Jual beli saham cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, dengan tingkat risiko yang tinggi. Untuk modalnya sendiri dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Jika ingin untung yang lebih besar, siapkan modal yang lebih besar dan lakukan analisis.

  1. Jasa Desain Grafis

Mengubah suatu konsep menjadi tampilan visual tidaklah mudah. Tak heran kalau banyak perusahaan membuka lowongan desain grafis yang bisa kamu jadikan peluang. Mengingat pekerjaannya agak rumit, hal yang wajar apabila rate yang diberikan kepadamu tinggi.

Perusahaan mungkin akan meminta portofolio kerjamu, jadi pastikan sudah disiapkan sebelum melamar. Buat portofolio semenarik mungkin agar perusahaan langsung hire kamu. Selain bekerja di perusahaan, kamu pun bisa mencari klien sendiri lewat berbagai platform yang ada di Indonesia.

  1. Jualan Perangkat Lunak

Paham coding? Jika ya, manfaatkanlah kemampuan ini untuk membuat software dan dapatkan komisimu dari internet. Jumlahnya akan disesuaikan dengan jenis software yang dibuat, tapi yang pasti penghasilannya lumayan.

Beberapa cara menjual software yang bisa dicoba, seperti menjualnya lewat App Store atau Play Store, gunakan sistem SAAS, hingga menjual versi premium di website pribadi. (fajar/disway)

Topik Menarik