Elon Musk Kembali Jadi Manusia Paling Kaya di Bumi

Elon Musk Kembali Jadi Manusia Paling Kaya di Bumi

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 09:29
share

JAKARTA - Elon Musk kembali menjadi manusia paling kaya di bumi. Berdasarkan angka-angka terbaru Bloomberg Billionaires Index pada 1 Juni 2023, Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia.

Mengutip CNBC Jumat (2/6/2023), sang CEO Tesla ini mengalami lonjakan kekayaan sebesar 40,3% tahun ini menjadi USD192 miliar. Menurut data Eikon, hal ini terjadi setelah saham produsen mobil listrik ini naik sekitar 24% di bulan Mei. Musk memiliki sekitar 13% saham Tesla, menurut data FactSet.

Sebelumnya pada bulan Desember, Musk tersingkirkan dari posisi pertama oleh CEO LVMH Bernard Arnault, setelah saham Tesla jatuh setelah akuisisi Twitter senilai 44 miliar dolar AS. Di mana sebagian besar pundi-pundi kekayaan Musk terkait dengan saham Tesla.

Tak hanya itu, dia juga merupakan CEO produsen roket SpaceX dan memiliki perusahaan media sosial Twitter.

Saat Musk meninggalkan Shanghai pada hari Kamis, setelah kunjungan dua hari yang sangat penting. Selama di Cina, dia bertemu dengan menteri luar negeri Qin Gang dan pejabat Cina lainnya.

Kunjungan ini, dilakukannya di tengah-tengah ketegangan AS-Tiongkok yang memanas. Menurut para analis, ini merupakan pertanda bahwa Tiongkok merupakan pasar yang penting bagi Tesla.

Selama kunjungan tersebut, Qin berusaha meyakinkan Musk bahwa China terbuka untuk bisnis asing dan akan terus menawarkan lingkungan bisnis yang ramah kepada mereka. Musk juga dilaporkan mengisyaratkan ekspansi lebih lanjut di China.

Sekedar informasi, saham Tesla ditutup 1,38% lebih tinggi pada hari Rabu di USD203,93. Dalam dua tahun terakhir di bulan November, saham Tesla sempat mencapai titik terendah ketika harga sahamnya turun menjadi USD167,87, terendah sejak November 2020. Hal ini sebagian disebabkan oleh aksi jual yang meningkat setelah pengambilalihan Twitter oleh Musk.

Sementara itu menurut data Bloomberg, Arnault dari LVMH kini berada di belakang Musk sebagai orang terkaya kedua di dunia dengan nilai USD187 miliar, diikuti oleh Jeff Bezos, miliarder pendiri Amazon.

Topik Menarik