Peneliti Peringatkan Bahaya Trojan DogerAT, Menyelinap Bobol M-Banking dan E-Commerce

Peneliti Peringatkan Bahaya Trojan DogerAT, Menyelinap Bobol M-Banking dan E-Commerce

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 18:52
share

LONDON, iNews.id - Peneliti dari CloudSEK mengungkapkan terdapat malware berbahaya dikenal sebagai Remote Access Trojan, DogerAT. Malware tersebut didistribusikan lewat aplikasi Android palsu yang dirancang agar terlihat seperti aplikasi terpercaya.

Dilansir dari Gadgets Now , Kamis (1/6/2023) CloudSEK melaporkan DogerAT menggunakan malware Android open-source untuk mencuri informasi sensitif dan membahayakan keamanan perangkat korban. Upaya pencurian tersebut memiliki dampak cukup besar, khususnya pada sektor industri, mulai perbankan, layanan keuangan, asuransi, e-commerce dan hiburan.

Penyebaran DogerAT, dikabarkan melalui media sosial dan platform perpesanan yang disamarkan sebagai aplikasi seluler resmi, seperti game, alamat produktivitas, serta aplikasi hiburan seperti Netflix, YouTube dan sebagainya.

CloudSEK menjelaskan cara DogeRAT beroperasi. Ini setelah DogerAT diinstal pada perangkat korban, malware mendapatkan akses tidak sah dan mulai mengumpulkan informasi sensitif, seperti kontak, pesan hingga kredensial perbankan.

Menurut peneliti intelijen CloudSEK, para penjahat siber tersebut tidak terbatas membuat situs web phising, tapi lebih dari itu. Mereka juga mendistribusikan RAT yang dimodifikasi, atau mengubah tujuan aplikasi berbahaya untuk menjalankan kampanye penipuan berbiaya rendah dan mudah diatur, namun menghasilkan pengembalian tinggi, kata Anshuman Das, peneliti intelijen CloudSEK.

Laporan tersebut mengklaim, malware berbahaya tersebut bisa mengendalikan perangkat terinfeksi, hingga memungkinkan penjahat siber mengirim pesan spam, melakukan pembayaran tidak sah, memodifikasi file, hingga mengambil foto dari jarak jauh lewat perangkat kamera.

Para peneliti juga menemukan pembuat malware DogerAT menjual dan mempromosikan lewat saluran Telegram, dengan menawarkan versi premium yang memiliki kemampuan tambahan seperti tangkapan layar, pencurian gambar, key logging dan sebagainya. Layanan premium itu kabarnya dibanderol seharga Rp452 ribu.

Topik Menarik