Zelensky Usulkan Dekret, Ukraina Bakal Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Iran Selama 50 Tahun

Zelensky Usulkan Dekret, Ukraina Bakal Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Iran Selama 50 Tahun

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 20:45
share

KIEV, iNews.id Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, belum lama ini mengajukan sebuah rancangan dekret ke parlemen negara itu. Isi berupa usulan untuk menjatuhkan sanksi sektoral yang komprehensif terhadap Iran untuk jangka waktu 50 tahun.

Untuk memberlakukan ekonomi khusus sektoral dan tindakan pembatasan lainnya (sanksi) terhadap Republik Islam Iran untuk jangka waktu 50 tahun, demikian bunyi draf dekret tersebut, seperti dikutip kantor berita Sputnik , Minggu (28/5/2023).

Dokumen tersebut mengusulkan larangan lengkap operasi perdagangan dengan Iran, transit sumber dayanya melalui wilayah Ukraina, serta langkah-langkah yang melarang warga Iran menarik modal mereka dari Ukraina. Rancangan keputusan tersebut juga mengatur larangan alih teknologi dan hak kekayaan intelektual.

Berdasarkan dokumen tersebut, kabinet Ukraina, bank sentral, dinas intelijen asing, dan dinas keamanan negara itu bertanggung jawab atas penerapan sanksi.

Pada Sabtu (27/5/2023) kemarin, Zelensky menandatangani dekret yang menjatuhkan sanksi terhadap 51 warga negara Rusia, serta terhadap 220 perusahaan dan organisasi Rusia. Objek sanksi tersebut berada di Rusia dan negara-negara Eropa lainnya.

Pada Maret lalu, presiden Ukraina itu juga memberlakukan sanksi terhadap 141 badan hukum dari Rusia dan Iran untuk jangka waktu 10 tahun.

Topik Menarik