Salut, BKKBN Sukses Cetak Duta Genre dari Remaja Terbaik Sulsel

Salut, BKKBN Sukses Cetak Duta Genre dari Remaja Terbaik Sulsel

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 15:28
share

Pedomanrakyat.com, Makassar Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan dan Forum Genre Sulawesi Selatan kembali menggelar Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Genre, di Hotel Swissbellinn Panakkukang Makassar, mulai pada 25 hingga 27 Mei 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling bagi Remaja oleh Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya di PIK Remaja, serta Mengembangkan citra positif program GenRe melalui figur Duta GenRe dan PIK Remaja.

Adapun tema kegiatan kegiatan kali ini Akselerasi Gerak Untuk Remaja Terencana : Satu Tekad, Satu Tuju, Genre Sulsel Cegah Stunting.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi pemantik untuk meningkatkan participasi remaja secara bermakna dalam Porgram Bangga Kencana dan Pencegahan Stunting dari Hulu.

Kegiatan Adujak Sulsel Tahun 2023 dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Andi Ritamariani.

Dalam sambutannya, Andi Rita menuturkan bahwa, remaja berperan sebagai pemutus rantai kasus stunting, sehingga Duta Genre harus mampu menjadi role model bagi teman sebayanya.

Tentunya kata Andi Rita, dengan mempersiapkan diri melewati 5 (lima) transisi kehidupan remaja. Pertama mempraktekan hidup bersih dan sehat; kedua melanjutkan pendidikan.

Kemudian ketiga memulai berkarir; keempat menjadi anggota masyarakat yang baik; kelima mempersiapkan membangun keluarga yang berkualitas.

Duta Genre adalah brand ambassador program genre bagi remaja-remaja lainnya yang akan menyampaikan pesan kepada seluruh remaja agar bisa mengimplementasikan makna salam Genre yaitu Katakan Tidak pada Nikah Dini, Seks Pra Nikah dan Napza, beber Andi Rita.

Sekadar tahu, terdapat beberapa tahapan dalam prosesi pemilihan Duta Genre yaitu pendaftaran peserta yang dimulai sejak bulan Maret 2023, seleksi berkas.

Selanjutnya pra-karantina yang berlangsung secara daring dalam bentuk video challenge 15 hari, live instagram 15 hari dan coaching clinic (pembekalan materi). Serta karantina, grand final serta penyusunan rencana tindak lanjut.

Topik Menarik