Masih Banyak Jalan Rusak di Lampung, Sri Mulyani Buka-bukaan Sudah Gelontorkan Triliunan Rupiah

Masih Banyak Jalan Rusak di Lampung, Sri Mulyani Buka-bukaan Sudah Gelontorkan Triliunan Rupiah

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 08:46
share

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal parahnya jalan rusak di Provinsi Lampung pascakunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tahukah kamu berapa jumlah APBN dan APBD serta instrumen Keuangan Negara yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di Lampung dan Sumatera?" ujarnya, dalam unggahan di Instagram @smindrawati, Minggu (7/5/2023).

Sri Mulyani lalu merincikan, anggaran dari APBN terdiri atas, pertama , belanja Kementerian/Lembaga (K/L) PUPR untuk pembangunan dan pemeliharaan Jalan Nasional dengan alokasi sebesar Rp588,7 miliar untuk tahun 2023 dan sudah terealisasi Rp81,6 miliar hingga 2 Mei 2023. Realisasi tahun 2022 sendiri mencapai Rp508,1 miliar.

" Kedua , transfer dana dari Pusat Ke Pemda untuk pembangunan jalan (DAK Fisik) tahun 2023 Provinsi/Kabupatan/Kota seluruh Lampung mencapai Rp402,44 miliar untuk 231,9 km jalan," sambungnya.

Ketiga , pembangunan Jalan Tol Sumatera yang melintasi Provinsi Lampung, melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Jaminan Pemerintah kepada PT. Hutama Karya (Persero). Adapun pembangunan tersebut dilakukan di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Panjang 140 km) Dukungan Pemerintah dalam bentuk PMN Rp2,2 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp22,09 triliun.

"Lalu, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Panjang 189 km)-Dukungan Pemerintah dalam bentuk PMN Rp4 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp14,37 triliun," ujarnya.

Sri Mulyani menambahkan, pendanaan pembabasan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara yang terdiri dari Bakauheni-Terbanggi Besar sebesar Rp3,75 triliun dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang sebesar Rp1,86 triliun.

Sementara, ia melanjutkan, anggaran pembangunan jalan yang berasal dari APBD adalah Program Penyelenggaraan Jalan APBD 2023 Provinsi/ Kabupaten/Kota di seluruh Lampung mencapai Rp2,16 triliun, khusus Provinsi Lampung Rp886,8 miliar.

"Pembangunan infrastruktur adalah agenda prioritas nasional tahun ini. Pajak yang dibayar rakyat dimanfaatkan untuk menciptakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah nusantara," tegasnya.

Terakhir, Sri Mulyani mengutip Jokowi, pemerintah akan membangun jalan-jalan yang rusak tersebut dengan tugas pembangunan yang dibagi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Topik Menarik