Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Cawapres Ganjar atau Prabowo, Sedangkan Sandiaga Uno Opsinya Hanya dengan Ganjar

Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Cawapres Ganjar atau Prabowo, Sedangkan Sandiaga Uno Opsinya Hanya dengan Ganjar

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 08:06
share

Suhu politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin memanas pasca diumumkannya Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Lalu banyak bertanya-tanya siapa pendampingnya sebagai sebagai Calon Wakil Presiden 2024 nanti. Empat partai besar telah mendeklarasikan calon presidennya untuk Pilpres 2024, Ganjar Pranowo (PDIP), Prabowo Subianto (Gerindra), Airlangga Hartarto (Golkar), Anies Baswedan (Nasdem).

Para Capres yang muncul akan bertarung kini harus memilih siapa pendampingnya, karena opsi para cawapres 2024 nanti cukup banyak, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, Khofifah Parawansa, Muhaimin Iskandar, Mahfud MD hingga Ridwan Kamil.

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong menyampaikan bahwa ada dua kandidat yang terkuat menjadi cawapres dan digadang-gadang menjadi rebutan para capres 2024 nanti, yaitu Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

"Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi ada hal yang menarik diantara keduanya, Erick Thohir masih terbuka lebar untuk berpasangan dengan Ganjar atau Prabowo, tapi Sandi Uno opsinya hanya ke Ganjar," ungkap Anthony yang juga Pakar Komunikasi Digital itu itu, kemarin.

Anthony juga menjelaskan bahwa pasca Sandi Uno mengundurkan diri dari Gerindra, dan dikabarkannya pindah ke PPP ini menjadi menarik dan tertutup baginya cawapres untuk Prabowo untuk kedua kalinya.

"Kansnya Erick Thohir bisa masuk masuk koalisi Ganjar (PDI-P) atau pun Prabowo (Gerindra) dengan kekuatan endorsement NU juga menjadi salah satu strong point, dan juga faktor kedekatan Erick Thohir dengan dua tokoh tersebut dan elektabilitasnya sangat tinggi untuk posisi Cawapres 2024," ujar Anthony.

Lanjut Anthony, sementara Sandi Uno hanya bisa masuk ke Ganjar (PDIP), jika benar Sandi Uno masuk PPP dan memang PPP sudah mendeklarasikan capresnya Ganjar Pranowo.

"Jika poros PDIP dan PPP sudah dibentuk, bisa jadi Sandi Uno Cawapresnya Ganjar, tapi jika Sandi Uno gagal masuk koalisi Ganjar akan sulit menjadi peserta kembali di 2024," tegas Anthony.

Perlu diketahui, Erick Thohir tidak berafiliasi dengan partai politik, sehingga bisa masuk kemana saja, sedangkan Sandi Uno telah berada di partai politik beberapa tahun belakangan ini di Partai Gerindra dan kabarnya akan pindah ke PPP.

Topik Menarik