5 Fakta AKBP Achiruddin Hasibuan, Rekening Diblokir PPATK hingga Punya Gudang Solar

5 Fakta AKBP Achiruddin Hasibuan, Rekening Diblokir PPATK hingga Punya Gudang Solar

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 03:45
share

JAKARTA - Nama AKBP Achiruddin Hasibuan kini tengah menjadi sorotan, pasalnya video anaknya yakni Aditya Hasibuan yang sedang menganiaya seorang mahasiswa viral di Internet.

Terlebih, ia juga tertangkap kamera hanya menonton dan membiarkan anaknya menganiaya mahasiswa tersebut tanpa berniat memisahkannya. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap posisi dan jabatannya di kepolisian.

Dirangkum Okezone, Senin (1/5/2023) berikut ini fakta-fakta mengenai AKBP Achiruddin Hasibuan.

1. Kekayaan Rp467 juta

AKBP Achiruddin Hasibuan diketahui memiliki harta kekayaan sebesar Rp467,6 juta yang tercatat dalam LHKPN-nya yang dilaporkan pada 24 Maret 2021 lalu. Dalam LHKPN tersebut, ia tercatat memiliki harta tanah dan bangunan sebesar RpRp46,3 juta, alat transportasi dan mesin sebesar Rp370 juta berupa 1 unit mobil jenis Toyota Fortuner, serta kas dan setara kas Rp51,2 juta.

Sementara itu, menurut data LHKPN-nya, AKBP Achiruddin tercatat tidak memiliki utang dalam bentuk apapun.

2. Dicopot dari jabatan

Segera setelah video penganiayaan tersebut viral, AKBP Achiruddin Hasibuan dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Bin Ops (KBO) Direktorat Narkoba Sumatera Utara dan diselidiki oleh Polda Sumatera Utara (Sumut).

3. Rekening diblokir

Selain dicopot dari jabatannya, rekening milik Achiruddin dan keluarganya serta pihak yang terkait juga diblokir oleh PPATK dikarenakan ada dugaan tindakan pencucian uang. Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Kepala PPATK Ivan Yustiavandana.

"Ya (diblokir) karena ada indikasi mencurigakan. Yang bersangkutan dan semua pihak terkait," ujar Kepala PPATK tersebut.

4. Suka pamer kekayaan

Achiruddin diketahui suka memamerkan gaya hidupnya yang mewah di media sosial. Ia sering kali memamerkan mobil mewah dan juga motor gede Harley Davidsonnya di media sosial. Hal tersebut tentu saja menarik perhatian publik, pasalnya gaya hidup mewahnya tersebut dinilai tak sebanding dengan harta kekayaan yang dilaporkannya dalam LHKPN.

5. Punya gudang solar

Selain suka pamer gaya hidup mewah, AKBP Achiruddin juga disebut-sebut memiliki gudang solar. Kabar ini didapat dari warga sekitar saat Polda Sumut sedang melakukan penggeledahan di rumah Achiruddin.

Lurah Helvetia Timur Teguh Sujatmiko kabur dan tidak memberikan keterangan apapun saat dimintai konfirmasi oleh media. Terkait hal tersebut, Dirkrimum Polda Sumut Kombes Sumaryono mengatakan akan menindaklanjuti temuan itu.

Topik Menarik