Survei Indiaktor: Tren Elektabilitas Erick Thohir Naik di Atas Sandiaga yang Stabil

Survei Indiaktor: Tren Elektabilitas Erick Thohir Naik di Atas Sandiaga yang Stabil

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 30 April 2023 - 21:30
share

JAKARTA - Elektabilitas Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir terus menguat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Bahkan elektabilitas dari pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini terus menguat mengungguli dari cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 lalu yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Terbukti berdasarkan hasil survei terbaru 5 nama cawapres Indikator Politik Indonesia (IPI), elektabilitas Erick Thohir berada di posisi teratas. Sedangkan Sandiaga Uno berada di bawah Erick Thohir.

Angka elektabilitas Erick Thohir terekam berada di angka 17,3 persen dan mengalami tren kenaikan. Sedangkan Sandiaga Uno berada di bawah Erick dan Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 16,8 persen.

Berdasarkan hasil survei IPI di 5 nama cawapres, Erick Thohir mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 6 persen dalam satu bulan terakhir. Hal ini merupakan lonjakan elektabilitas yang luar biasa dari Eks Presiden Inter Milan tersebut.

Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan Erick Thohir mendapatkan limpahan elektabilitas ketika terjadi penurunan suara dari Ridwan Kamil. Hal ini dinyatakan Burhanuddin sebagai hubungan zero sum yang dimiliki oleh Erick Thohir dan Ridwan Kamil di bursa cawapres Pilpres 2024.

Erick berada di kedua atau ketiga polanya naik dibanding survei sebelumnya. Yang lainnya cenderung stabil, pungkas Burhanuddin.

Perlu diketahui, survei terbaru dilakukan oleh IPI pada periode 11 17 April 2023 dengan menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 1.220 responden. Metodologi yang dipakai merupakan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Topik Menarik