Bursa Cawapres, Erick Thohir Dinilai Terkuat di Pilpres 2024

Bursa Cawapres, Erick Thohir Dinilai Terkuat di Pilpres 2024

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 30 April 2023 - 21:30
share

JAKARTA - Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat di dalam bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hal ini tidak terlepas dari bekal lengkap yang dimiliki oleh pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di dalam kontestasi demokrasi.

Direktur PoliEco Digital Insights Institute, Anthony Leong mengatakan sosok Erick Thohir memiliki banyak perbekalan untuk diusung sebagai cawapres. Bahkan Eks Presiden Inter Milan ini memiliki faktor pembeda dibandikan dengan nama nama kandidat cawapres lainnya yang masuk di top three seperti Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Faktor pembeda ini adalah dukungan dari organisasi Islam terbesar di dunia dan Indonesia yakni Nahldatul Ulama (NU).

Salah satu strong point dari Erick Thohir adalah memiliki kekuatan endorsement NU, terang Anthony.

Seperti diketahui, Erick Thohir telah mendapatkan dukungan dari para tokoh NU untuk maju di Pilpres 2024. Dukungan ini disuarakan oleh Ketum GP Ansor NU Yahya Cholil Staquf dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf.

Keduanya menyatakan banyak warga NU atau Nahdliyin yang menginginkan agar menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut maju di Pilpres 2024 sebagai cawapres melanjutkan kepemimpinan KH Maruf Amin. Hal ini tidak mengherankan mengingat Erick Thohir juga bagian dari keluarga besar NU di mana ia adalah Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke100 NU.

Di samping itu, Anthony yang juga CEO Menara Digital menyatakan Erick Thohir memiliki hubungan dekat dengan capres potensial yang akan bertarung di Pilpres 2024 seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Terbukti Eks Presiden Inter Milan ini kerap terlihat di publik bersama dua sosok pemimpin tersebut.

Tidak hanya itu, hubungan Erick Thohir bersama para elit partai pengusung capres pun sangat dekat. Terutama dengan Presiden Jokowi yang masuk dalam jajaran elit PDI Perjuangan dan salah satu king maker saat ini.

Terakhir, elektabilitas sebagai cawapres pun Erick Thohir yang teratas dalam berbagai hasil survei. Terbaru berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia dan Indikator Politik, Erick Thohir berada di posisi teratas.

Dalam hasil survei 10 nama cawapres Poltracking Indonesia periode 9 15 April, elektabilitas Erick Thohir berada di posisi pertama dengan angka 17,1 persen. Sedangkan di belakangnya terdapat Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil dengan masing masing elektabilitas sebesar 15,5 persen dan 13,5 persen.

Kemudian berdasarkan hasil survei terbaru 5 nama cawapres Indikator Politik periode 11 17 April, Erick Thohir konsisten berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 17,3 persen. Elektabilitas tersebut berada di bawah Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas 22,5 persen dan di atas Sandiaga Uno dengan elektabilitas sebesar 16,8 persen.

Hal ini memperlihatkan Erick Thohir sebagai cawapres yang mumpuni secara elektabilitas untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

Ada juga faktor kedekatan Erick Thohir dengan dua tokoh capres dan elektabilitasnya sangat tinggi untuk posisi Cawapres 2024," pungkas Anthony.

Topik Menarik