SBY-Airlangga Bahas Sistem Pemilu, AHY: Isu Itu Belum Jelas seperti Apa Endingnya

SBY-Airlangga Bahas Sistem Pemilu, AHY: Isu Itu Belum Jelas seperti Apa Endingnya

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 21:48
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap pertemuan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Susilo Bambang Yudhoyono membahas tentang kemunduran demokrasi. Sistem pemilu proporsional terbuka sedang diutak-atik di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kami tadi cukup panjang berbicara bagaimana demokrasi di Indonesia akhir-akhir ini mengalami kemunduran dan juga menghadapi tantangan-tantangan yang serius (tentang) sistem politik yang kemudian dicoba diutak-atik, kata AHY dalam jumpa pers di kediaman SBY, Puri Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).

Menurutnya, isu gugatan sistem kepemiluan ini dianggap tidak perlu dilakukan. Sebab, wacana perubahan sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup pun menyisakan tanda tanya besar saat ini.

Sampai dengan hari ini isu itu belum jelas seperti apa endingnya, ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Demokrat dan Golkar bersepakat tidak ingin terjadinya kemunduran demokrasi yang fundamental lantaran adanya perubahan sistem Pemilu di Indonesia pada saat tahapan Pemilu 2024 itu sudah berjalan.

Kita masih terus mengawal, agar jangan sampai terjadi perubahan yang tidak kita harapkan bersama ketika hak rakyat dirampas dari sistem demokrasi kita, katanya.

Topik Menarik