Kekurangan Dolar, Argentina Bayar Impor dari China dengan Yuan

Kekurangan Dolar, Argentina Bayar Impor dari China dengan Yuan

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 12:10
share

IDXChannel - Pemerintah Argentina mengumumkan bahwa negaranya akan mulai membayar impor dari China dengan menggunakan mata uang yuan, bukan dolar Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Reuters pada Kamis (27/4/2023), tujuannya adalah untuk mengurangi arus keluar dolar AS.

Bulan ini, Argentina akan membayar impor dari China senilai USD1 miliar dengan yuan. Setelah itu, setiap bulannya, impor dari China senilai USD790 juta akan dibayar dengan yuan.

Keputusan ini bertujuan untuk mengurangi arus keluar dolar AS, Menteri Ekonomi Argentina Sergio Massa memberikan penjelasan setelah melakukan pertemuan dengan duta besar China Zou Xiaoli dan perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor.

Argentina saat ini kekurangan dolar AS di tengah penurunan tajam ekspor pertanian yang disebabkan oleh kekeringan berkepanjangan dan ketidakpastian politik menjelang pemilihan umum tahun ini.

Pada November tahun lalu, Argentina memperluas pertukaran mata uang dengan China senilai USD5 miliar untuk memperkuat cadangan devisa Negara Amerika Latin tersebut.

Argentina juga berkomitmen meningkatkan impor dari China. Massa menambahkan pesanan impor dari China yang dibayar dalam yuan akan disetujui dalam 90 hari, bukan 180 hari.

(WHY/Anggerito Kinayung Gusti)

Topik Menarik