5 Bentuk-Bentuk Dividen dalam Investasi Saham

5 Bentuk-Bentuk Dividen dalam Investasi Saham

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 11:30
share

IDXChannel - Sedikitnya ada 5 bentuk-bentuk dividen dalam saham. Semua jenis ini sudah pasti sangat menguntungkan terutama bagi pada trader.

Bentuk dividen sendiri berbeda tergantung dari emiten. Namun tentunya pembagian dividen itu berasal keuntungan dari emiten setiap tahunnya. Karenanya besaran pembagian dividen berdasarkan dari laba perusahaan.

Lalu apa saja bentuk-bentuk Dividen itu? Berikut kami ulas sebagaimana dihimpun Rangkulteman dengan judul Dividen Pengertian Jenis Cara Kerja dan Tips.

Pengertian Dividen

Sebelum mengenal lebih jauh bentuk bentuk dividen, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu pengertian Dividen.

Dividen adalah sebuah sistem pembagian keuntungan perusahaan kepada para pemilik saham atau investornya. Biasanya, nominal keuntungan yang diberikan berdasarkan jumlah kepemilikan lembar saham para investornya serta jumlah keuntungan perusahaan yang ditetapkan untuk dibagikan.

Bentuk-Bentuk Dividen

1. Cash Dividend/ Dividen Tunai

Dividen yang pertama, yaitu dividen tunai. Sistem pembayaran tunai ini terjadi ketika perusahaan akan membayarkan dividen bisnisnya dalam bentuk uang tunai kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang mereka miliki.

Kemudian, uang tersebut akan disimpan di dalam rekening bank para pemegang saham.

2. Stock Dividend/ Dividen Saham

Dividen ini memiliki sistem perusahaan akan membayarkan

keuntungan baru kepada para pemegang saham dengan mengeluarkan saham baru. Nominal pembayaran ini sesuai berdasarkan jumlah saham yang dimiliki para pemegang saham dan investor.

5 Bentuk-Bentuk Dividen dalam Investasi Saham. (FOTO : MNC MEDIA)

3. Property Dividend / Dividen Properti

Jenis yang satu ini disebutkan perusahaan akan membayar dividen dalam bentuk properti bukan uang tunai. Biasanya, ini terjadi ketika perusahaan memiliki uang kas operasi yang terbatas namun ingin membayarkan dividen kepada investornya. Umumnya pembagian dividen berupa aset, seperti kendaraan, real estate, dan semacamnya.

4. Scrip Dividend/ Dividen Skrip

Tak jauh berbeda dengan dividen properti. Pembayaran dividen ini dilakukan dalam bentuk surat utang atau surat perjanjian hutang untuk membayar para pemegang saham dengan waktu yang sudah mereka sepakati.

5. Liquidating Dividend/ Dividen Likuidasi

Bentuk bentuk dividen yang terakhir adalah likuidasi, perusahaan akan mengembalikan modal awal investor berikan sebagai ekuitas perusahaan. Sistem ini biasanya terjadi saat perusahaan tersebut sedang mengalami kebangkrutan dan akan mengakhiri bisnisnya.

Cara kerja Dividen

Perusahaan harus membayar dividen secara tunai ke setiap rekening pemegang saham atau investor. Namun, untuk beberapa hal, perusahaan akan membayar di dividen saham baru sebagai gantinya.

Selain itu, perusahaan biasanya akan menawarkan program investasi dividend ulang atau Dividend Reinvestment Plan atau DRIP. Jadi, para investor dapat berinvestasi kembali di perusahaan tersebut, bahkan perusahaan sering memberikan diskon untuk para pemegang saham mereka yang reinvestment.

Persetujuan setiap transaksi harus disetujui dewan direksi. Karena itu, perusahaan akan mengumumkan jadwal pembayaran, jumlah keuntungan, dan juga tanggal ex-dividend.

Tanggal ex-dividend ini sangat penting bagi para pemegang saham karena investor harus memiliki saham pada tanggal yang tertera untuk mendapatkan keuntungan investasi.

Di lain sisi, investor yang menjual lot atau saham pada tanggal ex-dividend masih tetap menerima dividen karena mereka memiliki saham di tanggal yang sama.

Itulah bentuk bentuk dividen yang perlu Anda ketahui dalam bermain saham. Apakah Anda sekarang sudah memahaminya? (MYY)

Topik Menarik