Waspada Penipuan Pinjam Hape, Data Anda Bisa Diretas

Waspada Penipuan Pinjam Hape, Data Anda Bisa Diretas

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 12:14
share

Beberapa waktu lalu aplikasi WA dihebohkan dengan beredarnya video yang menunjukkan modus penipuan dengan cara mem-forward panggilan dari hape korban. Di video yang diambil dari platform SnackVideo diperlihatkan sebuah ilustrasi adegan modus penipuan ini.

Terlihat ada seorang pria yang mengaku ponselnya habis baterai, kemudian mencoba meminjam pria lain, untuk mencegah pria yang ponselnya ingin dipinjam tersebut curiga, sang penipu membujuk dengan memberikan sejumlah uang. Setelah menerima uang tersebut si korban kemudian meminjamkan ponsel miliknya, selang beberapa lama si penipu mengembalikan ponsel korban.

Lalu, ada seorang wanita yang tiba-tiba datang memberitahu si korban bahwa dia telah ditipu. Si perempuan tersebut menanyakan nomor hape si korban, setelah ditelpon ternyata justru panggilan tersebut malah beralih ke hape si penipu. Si penipu menggunakan modus call-forward dengan menggunakan cara menelpon **21*#.

Modus ini bisa digunakan untuk mengambil alih nomor rekening dan akun aplikasi online. Untungnya dalam video ini diperlihatkan cara untuk membatalkan modus penipuan call-forward, yaitu dengan cara menekan tombol ##21#. Modus penipuan serupa sebenarnya pernah viral beberapa waktu lalu dan memakan beberapa korban.

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri sampai membuat cuitan agar kita berhati-hati terhadap modus penipuan ini, karena penipu bisa mendapatkan akses ke panggilan kita, yang akan mengakibatkan pencurian nomor OTP kita.

Waspada Modus Call Forward *21* untuk curi Kode OTP. Jika mendapatkan perintah untuk menekan *21*(nomor hp penipu)#, maka anda memberikan akses panggilan anda kepada penipu. Jika sudah mendapatkan akses, penipu bisa memanfaatkan celah tersebut untuk mencuri Kode OTP target. bunyi cuitan di akun resmi Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri @CCICPolri beberapa waktu yang lalu.

Maka dari itu kita harus berhati-hati saat ada orang yang tidak dikenal tiba-tiba meminjam hape kita, walaupun akhirnya dia mengembalikan ponsel kita.

Topik Menarik