6 Rekomendasi Sarapan untuk Pejuang Defisit Kalori

6 Rekomendasi Sarapan untuk Pejuang Defisit Kalori

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 07:13
share

DEFISIT k alori jadi kunci utama untuk yang ingin menurunkan berat badan atau ingin mempertahankan berat badan ideal saat ini.

Program makan defisit kalori, tentunya harus dimulai sejak makan pagi atau sarapan. Sarapan sehat rendah kalori yang tepat, tidak akan membuat perut jadi kelaparan karena tidak kenyang.

Definisi rendah kalori sendiri memang bergantung pada banyak faktor termasuk berat badan, tinggi badan, tingkat aktivitas tiap orang dan sangat individual. Tetapi secara umum, diungkap Susan Bowerman, R.D., C.S.S.D., ahli nutrisi Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, kisaran untuk sarapan rendah kalori adalah 300 sampai 350 kalori atau bisa sampai 450 kalori jika memang orang tersebut punya aktivitas yang lebih aktif.

Jika Anda salah satu pejuang defisit kalori, bisa simak paparan singkat enam ide rekomendasi ahli kesehatan menu sarapan rendah kalori tapi mengenyangkan di bawah ini, sebagaimana dilansir dari Prevention, Selasa (28/3/2023).

1. Pancake zucchini: Menu sarapan ideal dimakan sebelum atau pun usai berolahraga. Pancake zucchini yang mengandung protein ini juga memiliki karbohidrat berserat tinggi dan lambat dicerna yang membuat perut kenyang tapi tanpa lonjakan gula darah. Bisa ditambahkan irisan bawang untuk rasa gurih atau ditambah Greek yogurt sebagai topping.

2. Apple cheese strudel: Ya, boleh kok sarapan pakai pastry! Dengan masing-masing hanya 200 kalori, sah-sah saja untuk makan hingga 2 potong. Namun dengan catatan, keju yang dipakai adalah keju cottage 1 persen dan keju krim rendah lemak.

3. Pancake blueberry: Sarapan hangat dan empuk yang sempurna. Buat pancake sendiri di rumah yang pepas gluten, bebas dari produk susu, dan gula tambahan. Tidak ada bluberi, pakai pisang yang sudah matang pun boleh. Kemudia untuk protein dan serat yang lebih mengenyangkan, tambahkan Greek yogurt atau keju cottage, dan satu sendok makan kenari cincang.

4. Overnight oats: Sarapan super simpel, apalagi bagi orang-orang yang pagi harinya sangat sibuk. Apalagi overnight oat bisa bertahan berhari-hari di kulkas, dan bisa langsung dibikin jadi beberapa stoples.

Ukuran satu porsi, campurkan cangkir oat, cangkir susu (jenis apa pun yang disuka), cangkir Greek yogurt Yunani varian plain, satu hingga dua sendok teh biji chia, dan dua sendok makan protein whey atau vanila nabati atau cokelat bubuk. Campur semuanya, diamkan di kulkas semalaman atau setidaknya enam jam agar dingin.

5. Protein bento box: Menu yang disarankan Kristina Cooke, R.D untuk orang-orang sibuk. Bento protein yang diisi dengan dua telur rebus, cangkir kacang panggang tanpa garam, segenggam tomat ceri, dan satu wadah kecil Greek yogurt.

6. Roti panggang dan alpukat: Menu klasik sederhana dan sehat rekomendasi dari Claire Virga, R.D. konseling nutrisi di Rooted Wellness. Cukup hanya pakai dua potong roti gandum utuh atau roti gandum dengan setengah alpukat yang sudah dihaluskan. Bisa ditaburkan sedikit bumbu kesukaan untuk cita rasa tambahan agar lebih nikmat.

Topik Menarik