Waskita Beton (WSBP) Bayar Utang Tahap Pertama Rp75,4 Miliar

Waskita Beton (WSBP) Bayar Utang Tahap Pertama Rp75,4 Miliar

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 04:13
share

IDXChannel - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mulai melaksanakan pembayaran utang kepada krediturnya. Perseroan telah membayar utang tahap pertama sebesar Rp75,4 miliar.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WSB Asep Mudzakir mengatakan langkah ini dilakukan tepat enam bulan pasca homologasi WSBP dalam proses restrukturisasi telah inkrah pada 20 September 2022.

"Sesuai ketentuan, WSBP telah melaksanakan pembayaran melalui kas pembayaran utang atau CFADS (Cash Flow Available For Debt Service) pertama sebesar Rp75,4 miliar," kata Asep dalam Konferensi Pers, Senin (27/3/2023).

Secara rinci, pembayaran yang dilakukan dalam tahap pertama kepada seluruh vendor dengan total Rp34,5 miliar. Selanjutnya, pembayaran kepada perbankan untuk porsi bunga 2 persen per anum sebesar Rp37,6 miliar.

Sedangkan yang ketiga adalah pembayaran bunga dua persen per anum kepada pemegang obligasi dengan total Rp3,26 miliar.

Dalam prosesnya, Asep menargetkan pelaksanaan konversi utang menjadi saham dan obligasi wajib konversi (OWK) dapat dilakukan pada akhir Juni 2023.

"Nantinya akan terjadi perubahan struktur saham WSBP pasca restrukturisasi, namun PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tetap sebagai pemegang saham pengendali," tutup Asep. ( RRD )

Topik Menarik