Ketua Bank Nasional Saudi Mengundurkan Diri Setelah Pernyataan Credit Suisse

Ketua Bank Nasional Saudi Mengundurkan Diri Setelah Pernyataan Credit Suisse

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 27 Maret 2023 - 15:02
share

IDXChannel - Ammar Al Khudairy, ketua pemegang saham terbesar Credit Suisse Group AG, mengundurkan diri hanya beberapa hari setelah komentarnya membantu memicu kemerosotan saham pemberi pinjaman Swiss.

Al Khudairy, yang menjadi ketua Bank Nasional Saudi pada tahun 2021 ketika dibentuk melalui merger National Commercial Bank dan Samba Financial Group, pergi "karena alasan pribadi" dan akan digantikan oleh Chief Executive Officer Saeed Mohammed Al Ghamdi, menurut sebuah pernyataan pada hari Senin.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV awal bulan ini, Al Khudairy mengatakan "sama sekali tidak" ketika ditanya apakah Saudi National Bank akan terbuka untuk investasi lebih lanjut di Credit Suisse jika ada panggilan lain untuk likuiditas tambahan.

Saham bank Swiss itu jatuh ke level terendah dalam catatan dan spread kreditnya melonjak setelah komentarnya. Itu membantu menyeret semua bank Eropa lebih rendah karena investor menghindar dari risiko setelah runtuhnya tiga pemberi pinjaman di AS.

Beberapa hari kemudian, UBS Group AG setuju untuk membeli Credit Suisse dalam kesepakatan bersejarah yang ditengahi pemerintah yang bertujuan untuk menahan krisis kepercayaan yang mulai menyebar ke seluruh pasar keuangan global.

UBS menawarkan untuk membayar 3 miliar franc ($ 3,3 miliar) untuk saingannya dalam kesepakatan semua saham yang mencakup jaminan pemerintah yang luas dan ketentuan likuiditas.

Saudi National Bank, yang 37% dimiliki oleh dana kekayaan berdaulat kerajaan, melihat nilai investasinya di Credit Suisse anjlok sekitar $ 1 miliar dalam hitungan bulan setelah mengakuisisi sekitar 9,9% saham untuk 1,4 miliar franc tahun lalu.

Lahir pada tahun 1963, Al Khudairy menghabiskan karirnya di sektor keuangan Arab Saudi menjalankan beberapa lembaga top kerajaan. Dia pernah menjadi ketua Goldman Sachs Group Inc dan Morgan Stanley di Arab Saudi.

Al Khudairy juga mendirikan bisnis manajemen aset alternatif Amwal AlKhaleej dan Amwal Capital Partners, yang berbasis di Riyadh dan Dubai.

Secara terpisah, Bank Nasional Saudi menunjuk Talal Ahmed Al Khereiji sebagai penjabat CEO. Dia sebelumnya adalah wakil CEO dan kepala perbankan grosir di pemberi pinjaman Saudi.

(DKH)

Topik Menarik