Pedagang Ungkap Penyebab Utama Harga Pangan Melonjak saat Ramadan

Pedagang Ungkap Penyebab Utama Harga Pangan Melonjak saat Ramadan

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 13:22
share

IDXChannel - Sejumlah bahan pokok terpantau naik di Pasar Lokbin Munjul, Jakarta Timur. Pedagang mengatakan penyebab dari kenaikan harga tersebut disinyalir terjadi karena adanya kebijakan pembatasan yang diterapkan oleh pemasok.

Pedagang bahan sembako juga mengaku kesulitan mendapatkan beras dari pemasok lantaran kebijakan pembatasan tersebut. Hal ini terjadi lantaran stok beras yang tidak bisa memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat di masa Ramadhan. Bahkan, Putra mengatakan kemarin (25/3) stok beras di Pasar Induk Cipinang kosong, sehingga pemasok membatasi pembelian beras.

Kami belanja dibatasi, tadinya kami bisa beli 100 karung, ini cuma dibolehkan 75 karung. Aneh ya, padahal kami beli tapi dibatasi, ujar Pedagang Bahan Sembako di Pasar Lokbin Munjul, Putra kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (26/3/2023).

Senada, penjual daging sapi di Pasar Lokbin Munjul, Jakarta Timur mengatakan kebijakan pembatasan memang selalu terjadi dalam hari besar keagamaan nasional (HBKN). Pemasok cenderung akan menyeleksi pedagang yang layak untuk menjual daging tersebut.

Menurut pedagang daging sapi, pembatasan tersebut terjadi untuk menghindari kecurangan yang dilakukan oleh pedagang pasar yang cenderung akan menaikan harga sangat tinggi atau memanipulasi jumlah daging yang dijual.

Kami sudah dipercaya, jadi bos tidak beri pembatasan ke kami, kenaikan hanya Rp. 5 ribu. Biasanya banyak yang menaikan harga atau sengaja mainin timbangan, jadi harusnya dijual 1kg, mereka cuma kasih 800 gram, ujar Pedagang Daging Sapi di Pasar Lokbin Munjul, Aisyah kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (26/3/2023).

Untuk mengantisipasi adanya kenaikan tersebut, pedagang terpaksa menaikan modal untuk menjual beras. Putra mengatakan, harga 1 karung beras pandan wangi sudah dibanderol dengan harga Rp. 1 juta. Naik signifikan dari harga sebelumnya yang berada pada kisaran Rp. 600 ribu hingga Rp. 700 ribu. Ya terpaksa naik modal, mau gimana lagi?,

Berdasarkan hasil pantauan MNC Portal Indonesia, kenaikan harga di Pasar Lokbin Munjul terjadi pada beberapa bahan pokok, seperti beras yang harga terendahnya per liter sudah mencapai Rp. 10,5 ribu, naik dari Rp. 9 ribu. Sementara untuk jenis pandan wangi sudah naik menjadi Rp. 14 ribu. Untuk Minyak, pedagang di pasar menjual Minyakita dengan harga Rp. 16 ribu per liter. Kenaikan juga terjadi pada Minyak curah yang dibanderol dengan harga Rp. 16.000 per kg, naik dari Rp. 14 ribu. Untuk daging sapi, harganya berbeda tergantung variasi yang dibeli. Jenis daging sapi yang biasa digunakan untuk rendang dan semur dengan jenis Brahman Cross (BX) per kilogram dijual kisaran Rp. 140 ribu hingga Rp. 145 ribu, naik Rp. 5 ribu dari Rp. 135 ribu.

(SLF)

Topik Menarik