3 Perusahaan Milik Zulkifli Hasan, Punya Harta Rp32 Miliar

3 Perusahaan Milik Zulkifli Hasan, Punya Harta Rp32 Miliar

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:15
share

JAKARTA- Beberapa perusahaan milik Zulkifli Hasan menarik untuk dikulik. Berdasarkan dari laman elhkpn.kpk.go.id, harta kekayaan terakhir Zulkifli Hasan (Zulhas) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebesar Rp32.810.882.791 (Rp32 miliar).

Harta kekayaannya itu dilaporkan ke KPK pada 27 Maret 2022 ketika masih menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Zulhas yang disetor ke KPK itu untuk periodik 2021.

Harta kekayaan Zulhas meliputi 7 aset tanah disertai dengan bangunan yang tersebar di Jakarta Timur. Aset berupa tanah dan bangunan milik Zulhas tersebut, tercatat merupakan hasil sendiri.

Tak hanya itu, ia tercatat memilik 2 bidang tanah yang berlokasi Jakarta Timur dan Bogor dari hasil sendiri. Jika ditotal, aset tanah dan bangunan Zulhas mencapai Rp12,9 miliar.

Berikut perusahaan milik Zulkifli Hasan dilansir dari berbagai sumber:

1. PT Batin Eka Perkasa

Pada awalnya dia memulai bisnis peralatan rumah tangga (houseware) hingga sukses dan memiliki merek Haneda di bawah bendera PT Batin Eka Perkasa (BEP).

Disana Zulkifli menjabat sebagai Presiden Direktur untuk periode 1988-2004.

2. PT Panamas Mitra Inti Lestari

Dia juga pernah menjadi Presiden Direktur PT Panamas Mitra Inti Lestari pada periode 1997-2004.

3. PT Sarana Bina Insani

Selain itu pria berkacamata tersebut juga pernah menjabat posisi Presiden Direktur di PT Sarana Bina Insani untuk periode 2000-2004.

Selain itu, pria kelahiran Lampung Selatan tersebut juga dilaporkan memiliki harta bergerak lainnya sejumlah Rp1,5 miliar. Dia ternyata juga memiliki surat berharga senilai Rp4,9 miliar. Sementara harta kekayaan Zulhas yang nilainya fantastis yakni berupa kas dan setara kas yang mencapai Rp12 miliar.

(RIN)

Topik Menarik