Kehabisan Uang dan Bentak Pecalang saat Nyepi, Pasangan Bule Polandia Dideportasi

Kehabisan Uang dan Bentak Pecalang saat Nyepi, Pasangan Bule Polandia Dideportasi

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 25 Maret 2023 - 11:00
share

DENPASAR Dua Warga Negara Asing (WNA) Polandia, berinisial KG (40), dan BKW (25) yang videonya viral di media sosial (Medsos), karena membentak pecalang saat Nyepi, akhirnya dideportasi. Kedua bule itu sempat menjalani pemeriksaan, sebelum akhirnya dipulangkan ke negaranya.

Kedua WNA Polandia tersebut, dinilai oleh petugas Imigrasi Denpasar, telah melanggar Pasal 75 ayat 1 UU No. 6/2011 tentang keimigrasian. Pasangan bule pria dan wanita tersebut, diharuskan meninggalkan Indonesia, Sabtu (25/3/2023).

Kabid Inteldakim Kanwilkumham Bali, Anak Agung Bagus Narayana mengatakan, melihat pelanggaran keimigrasian yang telah dilakukan dua bule tersebut, petugas imigrasi memiliki hak untuk melakukan tindakan administratif dengan mendeportasinya.

"Kedua WNA Polandia yang telah melakukan pelanggaran keimigrasian tersebut, dideportasi ke negara asalnya, dengan terlebih dahulu diterbangkan ke Jakarta, lalu baru diterbangkan ke Polandia," ungkap Narayana, Sabtu (25/3/2023).

Pasangan bule Polandia, KG dan BKW kedapatan berkemah di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, oleh para pecalang saat Nyepi. Mereka nekat beraktivitas di luar ruangan saat Nyepi, karena kehabisan uang dan terpaksa tidur di tenda di tepi pantai.

Saat diingatkan oleh para pecalang, KG justru marah dan membentak para pecalang, hingga akhirnya dibawa ke Polsek Sukawati, untuk menjalani pemeriksaan. Setelah itu kedua bule Polandia tersebut, diserahkan ke petugas Imigrasi Denpasar, dan diputuskan untuk dideportasi.

(eyt)

Topik Menarik