Ganjar Pranowo dan Erick Thohir Dinilai Dijodohkan Jokowi, Begini Analisanya

Ganjar Pranowo dan Erick Thohir Dinilai Dijodohkan Jokowi, Begini Analisanya

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 24 Maret 2023 - 20:10
share

JAKARTA - Pengamat Politik M Qodari meenyebut bahwa munculnya duet calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir adalah hasil dari perjodohan yang dilakukan Presiden Jokowi.

Kata dia, analisanya itu diambil dalam berbagai kesempatan pertemuan dari kedua calon pemimpin tersebut sebagai harapan untuk melanjutkan perubahan yang dibangun Jokowi.

Pak Ganjar dan Pak Erick ini dalam setengah tahun terakhir sering bersama dan juga didampingi oleh Presiden Jokowi. Nah, Pak Jokowi ini sebagai apa, sebagai atasan dari Pak Ganjar dan Pak Erick terus juga Mak Comblang Ganjar-Erick, ujar Qodari, Jumat (24/3/2023).

Hal itu terlihat ketika nama Ganjar-Erick muncul diusulkan oleh PAN dalam Rakornas 2023. Di mana, Presiden Jokowi hadir menyaksikan dengan didampingi oleh keduanya. Qodari melihat duet kemunculan Ganjar-Erick paling mudah dianalisis lantaran sering terlihat bersama di ruang publik.

Di sisi lain, ia melihat pasangan ini tampak telah mendapatkan restu dari Jokowi untuk dipasangkan pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Di samping itu, keduanya memiliki aspek-aspek yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Oleh karenanya, ia mengira duet Ganjar-Erick akan terwujud dalam Pilpres 2024 mendatang. Apalagi seiring waktu mendekati Pilpres keduanya semakin sering terlihat bersama.

Ganjar-Erick ini semakin sering terlihat bersama dan saya pikir makin cocok chemistry antara keduanya, ujarnya.

Pasangan Ganjar-Erick sudah diketahui oleh masyarakat umum sebagai duet yang akan mengusung keberlanjutan program pembangunan pemerintah. Ganjar-Erick ini memiliki hubungan yang dekat dengan Presiden Jokowi dan erat kaitannya dengan kubu keberlanjutan, ujar Qodari.

Dalam hasil survei keduanya juga memiliki elektabilitas mumpuni di masing-masing kategori. Ganjar memiliki elektabilitas tertinggi sebagai capres di dalam hasil survei terbaru Indo Barometer di angka 36,1 persen. Sedangkan Erick memiliki elektabilitas tertinggi di kategori cawapres di angka 22,9 persen.

Topik Menarik