Komisi III DPR Akan Panggil Lagi PPATK bersama Mahfud MD dan Sri Mulyani

Komisi III DPR Akan Panggil Lagi PPATK bersama Mahfud MD dan Sri Mulyani

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 23 Maret 2023 - 16:54
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi III DPR mengagendakan rapat kembali bersama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pada pekan depan. Namun, dalam rapat ini turut juga dihadirkan Menkopolhukam Mahfud MD dan Menkeu Sri Mulyani.

Rapat ini masih berkaitan dengan transaksi mencurigakan Rp300 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang telah dibahas pada rapat Komisi III DPR sebelumnya.

Rapat ini dijadwalkan pada tanggal 29 Maret, kata Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani, Kamis (23/3/2023).

Kendati demikian, pemanggilan tiga pihak ini yakni Kepala PPATK, Menko Polhukam dan Menkeu kapasitasnya masing-masing sebagai Ketua, Sekretaris dan Anggota Komite Koordinasi Nasional Pencegahan TPPU.

(Rapat ini) untuk menuntaskan sejumlah pertanyaan yang muncul di ruang publik dan disampaikan kepada kami para anggota Komisi III, ujarnya.

Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana telah mengklarifikasi dugaan transaksi janggal Rp300 triliun yang melibatkan pegawai Kemenkeu.

Ia mengatakan transaksi tersebut bukan korupsi yang dilakukan oleh pegawai Kemenkeu, melainkan kasus perpajakan dan kepabeanan yang dilaporkan lembaganya ke Kementerian Keuangan selaku penyidik tindak pidana asal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Kami tadi fokus diskusikan terkait statement tentang adanya transaksi Rp300 triliun. Perlu disampaikan, seperti dipahami Kemenkeu adalah salah satu penyidik TPPU sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-undang nomor 8 tahun 2010, dengan demikian setiap kasus yang berhubungan kepabeanan dan perpajakan kami sampaikan ke Kemenkeu, kata Ivan beberapa hari lalu.

Topik Menarik