Prabowo-Airlangga Diusung Di Pilpres 2024, Jokowi Pasti Dukung

Prabowo-Airlangga Diusung Di Pilpres 2024, Jokowi Pasti Dukung

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 23 Maret 2023 - 13:54
share

AKURAT.CO Peluang Prabowo Subianto berpasangan dengan Airlangga Hartato pada Pilpres 2024 sangat terbuka. Hal itu setidaknya dapat dilihat dari tiga faktor pendukung.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga mengatakan Gerindra dan Golkar sebagai partai politik besar sama-sama memiliki kekuatan di tingkat akar rumput. Seandainya Prabowo dan Airlangga berpasangan bukan tidak mungkin menjadi lawan kuat bagi Koalisi Perubahan dan PDIP yang tak kunjung menentukan capresnya.

"Suara Gerindra dan Golkar sudah lebih dari cukup untuk memenuhi presidential threshold (PT) 20 persen. Ini artinya, dua partai itu berhak mengusung pasangan Prabowo-Airlangga pada Pilpres 2024," kata Jamiluddin saat dihubungi di Jakarta, Kamis (23/3/2023).

Menurut mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta itu, apabila PKB keluar dari koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), maka peluang Gerindra mencalonkan presiden sangat terbuka karena perolehan bersama Golkar cukup memenuhi ambang batas.

"Jadi, kalaupun PKB tarik diri dari KIR, Gerindra bersama Golkar tetap memenuhi PT. Karena itu, kalau Gerindra dan Golkar mau mengusung Prabowo-Airlangga, dilihat dari PT tidak ada rintangan," ujarnya.

Dia menilai sosok Prabowo dan Airlangga akan mendapat dukungan penuh dari koalisi pemerintahan wabil khusus Presiden Joko Widodo. Pasalnya, dua sosok itu bisa dibilang sebagai orang kepercayaan Joko Widodo di dalam kabinet Indonesia Maju.

"Prabowo dan Airlangga sama-sama dekat dengan Presiden Joko Widodo. Karena itu, peluang mendapat restu dari Jokowi tampaknya tidak terlalu sulit," kata mantan dekan FIKOM IISIP Jakarta.

"Bahkan Jokowi akan merasa aman bila pasangan Prabowo-Airlangga maju dan menang pada Pilpres 2024. Sebab, jaminan melanjutkan program Jokowi pasti dapat diwujudkan," ucap Jamiluddin menambahkan. []

Topik Menarik