Infografis Jadi Gubernur BI 2023-2028, Strategi Perry Warjiyo Perkuat Ekonomi RI

Infografis Jadi Gubernur BI 2023-2028, Strategi Perry Warjiyo Perkuat Ekonomi RI

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 21 Maret 2023 - 22:11
share

JAKARTA, iNews.id - DPR menetapkan Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028 pada hari ini, Selasa (21/3/2023) dalam rapat paripurna DPR RI ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023.

Sebelumnya, dalam uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi XI DPR, Perry membeberkan sejumlah strategi dan kebijakan BI dalam memperkuat ketahanan dan kebangkitan perekonomian nasional 2023 hingga 2028.

Strategi pertama, yakni melakukan penguatan kebijakan dan kelembagaan BI sesuai dengan Undang-undang P2SK. Kedua, penguatan bauran kebijakan BI untuk mendukung ketahanan dari dampak gejolak global dan kebangkitan ekonomi nasional.

Strategi selanjutnya, akselerasi digital sistem pembayaran untuk integrasi ekosistem ekonomi keuangan digital (EKD) dan digital rupiah. Keempat, pendalaman pasar uang untuk efektivitas kebijakan BI serta pembiayaan perekonomian berkelanjutan. Kelima, memastikan BI melakukan sinergi kebijakan dengan pemerintah dan mitra strategis lainnya untuk mendorong ekonomi dan keuangan inklusif.

Keenam, penguatan kebijakan dan sinergi dalam kerja sama untuk hubungan internasional. Selanjutnya, dia memastikan BI akan melakukan transformasi kelembagaan untuk semakin memperkuat profesionalitas, tata kelola yang baik, dan akuntabilitas BI.

Topik Menarik