Tas Koper Anak Gus Dur Diacak-acak Petugas Bea Cukai, Kemenkeu Minta Maaf

Tas Koper Anak Gus Dur Diacak-acak Petugas Bea Cukai, Kemenkeu Minta Maaf

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 21 Maret 2023 - 18:46
share

JAKARTA - Viral di media sosial soal Alissa Qotrunnada Munawaroh selaku putri sulung Presiden RI ke-4 Abdurrahmad Wahid atau Gus Dur mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari petugas Bea Cukai di Bandara.

Dalam sebuah cuitan, Alissa menyebut bahwa peristiwa itu terjadi di sekitar tahun 2019-2020 ketika dia diperiksa oleh petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta sepulang dari sebuah konferensi di Taiwan.

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Menteri Keuangan bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo meminta maaf atas perlakuan tidak menyenangkan tersebut.

"Pertama kami minta maaf ya kalau ada perlakuan yang tidak proper. Tentu tidak ada standar pemeriksaan seperti itu, jadi semata-mata ini anomali atau perlakuan oknum," ujar Yustinus saat ditemui usai media briefing Kemenkeu di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Dia mengatakan, apabila membongkar koper, itu memang kewenangan petugas dalam rangka memastikan kalau ada yang dicurigai, atau dalam profiling ditemukan sesuatu yang tidak wajar.

"Tapi, lagi-lagi, Bea Cukai kan juga menerapkan best practices. Itu pasti bukan karena sistem atau karena kebijakan, itu individual, selalu ada kan individual yang menyimpang, tapi apapun itu, kami meminta maaf kepada Bu Alissa, atas kejadian yang tidak mengenakkan ini," ungkap Yustinus.

Dia mengatakan bahwa pihak Bea Cukai akan senantiasa membenahi diri untuk memberikan layanan yang lebih baik.

"Sekarang sudah lebih baik, ini kejadiannya kan 2-3 tahun lalu," tandas Yustinus.

Topik Menarik