Berkaca dari Kasus Meninggalnya Syabda Perkasa Belawa, Ini Pentingnya Manajemen Waktu dalam Perjalanan

Berkaca dari Kasus Meninggalnya Syabda Perkasa Belawa, Ini Pentingnya Manajemen Waktu dalam Perjalanan

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 17:44
share

JAKARTA, celebrities.id Atlet muda nasional Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia usai mengalami kecelakaan di jalan tol kilometer 315+200, di jalur A Tol Pemalang-Batang, tepatnya di wilayah Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah.

Berkaca dari kasus tersebut, sebelum melakukan perjalanan jauh ada baiknya untuk mengatur manajemen waktu perjalanan. Manajemen waktu sebelum melakukan perjalanan jarak jauh sangat penting dilakukan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Berbagai persiapan, seperti menjaga kondisi fisik, kendaraan, dan meminimalisir barang bawaan juga perlu dilakukan. Hal yang pertama yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan perjalanan adalah pemilihan waktu perjalanan. Diharapkan untuk memilih waktu yang tidak terlalu ketat, terutama terkait jadwal libur.

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan bahwa penentuan waktu keberangkatan sangat penting. Ini dapat membuat pengendara tak akan merasa lelah karena dituntut harus tiba tepat waktu dalam waktu singkat.

Untuk menghindari kemacetan, salah satu kuncinya adalah manajemen waktu. Hal utama dari melakukan long trip adalah istirahat berkala, kalau menggunakan sistem target bahaya sekali, kata Sony saat dihubungi MNC Portal, Senin (20/3/2023).

Untuk menjaga kondisi fisik tetap prima dan mental tetap terjaga sepanjang perjalanan, istirahat berkala perlu dilakukan. Hal ini juga memungkinkan pengemudi tetap bugar sepanjang perjalanan dan terhindar dari rasa kantuk.

Jadi, kalau ingin sampai di tempat tujuan tepat waktu, maka dua hari sebelumnya sudah melakukan perjalanan. Target seperti itu baru benar, tapi kalau berharap satu hari perjalanan sampai tempat tujuan, pasti akan stres, ujar Sony.

Sony juga menyampaikan pelaku perjalanan jarak jauh menggunakan mobil pribadi harus bisa mengatur jadwal istirahat. Menurutnya, itu sangat perlu dilakukan oleh seorang pengendara agar perjalanan lebih aman.

Ini penting banget, karena banyak sekali kecelakaan terjadi ketika memaksakan untuk mengemudi. Atur jadwal istirahat, meski hanya berhenti di rest area untuk meregangkan tubuh dan sebagainya, kondisi psikis kita akan memengaruhi cara mengemudi, ucapnya.

Kondisi mental seorang pengemudi, diungkapkan Sony, akan terkuras jika memaksakan berkendara dalam waktu yang lama. Pasalnya, mereka hanya fokus berkendara dan tak bisa melakukan aktivitas lainnya di dalam mobil seperti penumpang lain.

Di dalam kabin itu kan fisibilitas terbatas dan kita juga merasa dikungkung di dalam ruangan. Artinya kita harus istirahat, kemudian menghirup udara agar aliran darah lancar. Bahkan, kita harus menstimulasi penglihatan dan penciuman, tuturnya.

Topik Menarik