Mendag Zulhas Musnahkan 824 Bal Pakaian Bekas Impor Senilai Rp10 Miliar di Sidoarjo

Mendag Zulhas Musnahkan 824 Bal Pakaian Bekas Impor Senilai Rp10 Miliar di Sidoarjo

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 15:04
share

SIDOARJO, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), memusnahkan 824 bal pakaian bekas yang diimpor dari luar negeri. Barang tersebut bernilai Rp10 miliar.

Pemusnahan dilakukan saat Zulhas melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kompleks Pergudangan Jaya Park, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Senin (20/3/2023).

Adapun pemusnahan ini merupakan tindak lanjut atas pengawasan terhadap perdaganan dan impor pakaian bekas yang dilakukan secara berkelanjutan. Ini juga sebagai bentuk respons semakin maraknya perdagangan pakaian bekas yang diimpor.

Hasil pengawasan di sini ada 824 bal totalnya. Nilainya kira-kira lebih dari Rp10 miliar, ujar Mendag Zulhas.

Zulhas mengatakan, giat ini merupakan komitmen Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam pengawasan dan penegakan hukum di bidang perdagangan, perlindungan konsumen, dan industri tekstil dalam negeri.

Tentu tidak mudah mendeteksi tindakan ini kan masuknya lewat pelabuhan tikus, kata dia.

Diketahui, pakaian bekas merupakan barang yang dilarang diimpor berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 40 Tahun 2022 tentang Peubahan atas Permendag Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Topik Menarik