Loading...
Loading…
Buka 1,4 Juta Lapangan Kerja, Pengangguran AS Turun Tajam sejak Pandemi Covid-19

Buka 1,4 Juta Lapangan Kerja, Pengangguran AS Turun Tajam sejak Pandemi Covid-19

Ekonomi | inewsid | Sabtu, 05 September 2020 - 18:01

WASHINGTON, iNews.id - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengumumkan angka pengangguran turun tajam pada Agustus 2020. Hal tersebut mengonfirmasi ekonomi Negeri Paman Sam yang mulai pulih dari penurunan tajam yang berujung resesi akibat pandemi Covid-19.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan, bisnis di berbagai sektor ekonomi membuka 1,4 juta pekerjaan pada Agustus lalu. Langkah tersebut membantu menurunkan tingkat pengangguran dari 10,2 persen pada Juli menjadi 8,4 persen di Agustus. Artinya, pengangguran turun di bawah 10 persen untuk pertama kalinya sejak Covid-19 mewabah di AS.

Namun, tingkat pengangguran masih jauh lebih tinggi dibandingkan angka pada Februari 2020. Pada bulan itu tingkat pengangguran sempat mencapai 3,5 persen, level terendah dalam 50 tahun terakhir tepat menjelang krisis Covid-19. Sedangkan pengangguran mencapai puncak levelnya pada April hampir 15 persen, ketika banyak negara bagian AS memulai kebijakan lockdown.

Pembukaan kembali ekonomi di beberapa negara bagian turut membantu meningkatkan lapangan kerja musim panas ini. Meskipun, perekonomian beroperasi dengan lapangan pekerjaan yang hanya 11,5 juta, masih jauh di bawah angka sebelum adanya pandemi Covid-19.

Kita berada di lubang yang sangat dalam dan semua sektor sedang berusaha keluar. Kami melihat adanya peningkatan yang sangat baik di pasar tenaga kerja, tetapi saya pikir peningkatan bisa saja akan lebih lambat ke depannya," ujar ekonom di PNC Financial Services Group, Gus Faucher dikutip dari The Wall Street Journal Sabtu (5/9/2020).

Perekrutan di sektor bisnis ritel dan program pemerintah membantu mendorong pembukaan lapangan kerja di bulan Agustus. Lapangan kerja di pusat perbelanjaan dan toko kebutuhan rumah tangga menunjukkan rebound setelah penurunan yang dalam, juga pada jenis pengecer lainnya, termasuk toko serba ada dan toko furniture. Sedangkan perekrutan sementara oleh pemerintah di negara bagian masih bertahan relatif baik.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{