Berakhir Juni 2023, Freeport Tak Lagi Bisa Ekspor Konsentrat Tembaga?

Berakhir Juni 2023, Freeport Tak Lagi Bisa Ekspor Konsentrat Tembaga?

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 3 Maret 2023 - 16:51
share

IDXChannel - Izin ekspor PT Freeport Indonesia (PTFI) akan berakhir pada Juni 2023 mendatang. Namun, hingga kini Freeport belum juga mengantongi perpanjangan surat izin ekspor konsentrat tembaga.

Staf Khusus Menteri ESDM Irwandy Arif mengungkapkan, pengajuan izin ekspor masih dalam proses. Ia pun tak tau apakah Freeport bisa melanjutkan ekspor atau tidak.

"Artinya masih proses nanti liat perkembangan smelternya. Kita belum tau karena belum ada keputusan," jelasnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Meski demikian, rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) PT Freeport Indonesia (PTFI) sudah disetujui oleh pemerintah. "Kalau RKAB sudah disetujui tapi kan izin ekspor sampai Juni," tambah dia.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif telah meminta PTFI untuk segera menyelesaikan smelternya. Jika tidak rampung, lanjutnya, maka Freeport tak bisa mengekspor konsentrat tembaga.

"Iya (nggak bisa ekspor), makanya dikeluarin (smelter)," jelas Arifin di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (24/2/2023) lalu.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, ekspor tembaga konsentrat dilarang pada 2023.

(DES)

Topik Menarik