Ma`ruf Amin Dukung Sri Mulyani Periksa Harta Kekayaan Pejabat Kemenkeu

Ma`ruf Amin Dukung Sri Mulyani Periksa Harta Kekayaan Pejabat Kemenkeu

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 1 Maret 2023 - 13:11
share

IDXChannel - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mendukung langkah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menginstruksikan Inspektorat Jenderal Kemenkeu melakukan pemeriksaan terhadap kekayaan pejabat-pejabat di lingkungan Kemenkeu.

Saya kira Menteri Keuangan sudah melakukan langkah, bahkan akan terus juga melakukan penelitian (penyelidikan) kepada (pejabat) yang lain-lain, ungkap Wapres di sela kunjungan kerjanya di Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/3/2023).

Hal ini buntut kasus penganiayaan yang dilakukan oleh anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu, Rafael Alun Trisambodo dan memperlihatkan gaya hidup mewahnya.

Alhasil, sejumlah pejabat Kemenkeu lainnya juga yang memperlihatkan gaya hidup mewahnya harus siap diperiksa oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu.

Wapres pun mendorong agar Sri Mulyani melakukan perbaikan-perbaikan sistem di internal Kemenkeu. Saya kira kalau menurut yang saya tahu, Kementerian Keuangan sudah melakukan perbaikan-perbaikan sistem, jelasnya.

Boleh dikatakan kementerian keuangan paling baik dalam melakukan perbaikan-perbaikan dalam masalah sistem perpajakan termasuk masalah-masalah digitalisasi dan semua, kemudian juga sistem pajak online, kemudian juga penertiban aparaturnya dan sebagainya. Itu saya kira sudah dilakukan, kata Wapres.

Meskipun, kata Wapres, perbaikan yang dilakukan di instansi Kemenkeu belum 100%. Artinya, di dalamnya masih ada kekurangan.

"Saya kira itu memang tentu belum 100%, bukan hanya di Kementerian Keuangan tapi juga di tempat-tempat yang lain. Dan itulah yang terus kita perbaiki, jelas dia.

Lebih lanjut, Wapres pun mendukung langkah Sri Mulyani yang telah mencopot Rafael Alun Trisambodo dari jabatannya buntut kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya dan memperlihatkan gaya hidup mewah.

Dan apa yang terjadi dengan peristiwa penganiayaan, kemudian orang tuanya dianggap itu memiliki kekayaan yang terlalu besar, saya kira Menteri Keuangan sudah melakukan langkah perbaikan dan bahkan akan terus juga melakukan penelitian kepada yang lain-lain. Bahkan juga sudah dipecat, dan sudah diperiksa, ini untuk tentu memberikan peringatan kepada yang lain dan akan dilakukan juga penelitian kepada yang lain, pungkasnya.

Diketahui, Sri Mulyani melalui Inspektorat Jenderal Kemenkeu juga telah memeriksa Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto yang kerap memamerkan gaya hidup mewahnya.

(YNA)

Topik Menarik