Kepala Bappenas Sebut RI Butuh 22 Tahun Lagi untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Kepala Bappenas Sebut RI Butuh 22 Tahun Lagi untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 8 Februari 2023 - 06:47
share

IDXChannel - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, mengatakan Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun lagi untuk keluar dari negara berpendapatan menengah ( middle income country ) menjadi negara berpendapatan tinggi ( high income country ).

Dia mengatakan selama 30 tahun Indonesia berada di dalam middle income trap atau terjebak dalam pendapatan menengah.

"Kalau hitungan secara kalkulasi ekonomi yang linear, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk sampai pada high economy tetapi mudah-mudahan kita bisa lebih cepat, kata Suharso dalam Peluncuran Rencana Aksi Nasional Open Government Indonesia VIIyang dipantau secara daring, Selasa (7/2/2023).

Suharso menjelaskan, pada saat dilanda pandemi, Indonesia terdorong ke lower middle income country , namum pada 2022 lalu, Indonesia kembali menjadi upper middle icome country .

"Kita baru saja masuk dari l ow middle income menjadi upper middle incom e, kira-kira baru tahun lalu di angka 4.200 dollar AS per kapita," jelasnya.

Suharso memaparkan, sejumlah upaya dilakukan pemerintah agar bisa mencapai pendapatan tertinggi masyarakat.

"Salah satu upaya kita untuk mencapai itu adalah transformasi tata kelola. Transformasi tata kelola ini dibangun dari berbagai aspek yang saling berkaitan yaitu tata kelembagaan, tata regulasi, sumber daya manusia, relasi antara aktor pemerintah dan non-pemerintah serta transformasi digital," pungkasnya.

(FRI)

Topik Menarik