Pencairan Bansos Karyawan ke 15,7 Juta Orang Ditargetkan Tuntas Akhir September

Ekonomi | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 18:05
Pencairan Bansos Karyawan ke 15,7 Juta Orang Ditargetkan Tuntas Akhir September

JAKARTA, iNews.id - Program bantuan sosial karyawan tahap pertama sudah diluncurkan minggu ini. Pencairan tahap berikutnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Kasubag Pemberitaan Kementerian Ketenagakerjaan, Dicky Risyana mengatakan, pemerintah menargetkan transfer dilakukan setidaknya kepada 2,5 juta karyawan setiap minggu. Total, ada 15,7 juta karyawan yang masuk dalam program itu.

"Kita targetkan per minggu minimal 2,5 juta. Jadi sampai akhir September sudah beres, 15,7 juta penerima," kata Dicky saat dihubungi, Sabtu (29/8/2020).

Subsidi gaji, kata Dicki, akan disalurkan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama, bansos sudah dicairkan meski proses pencairan ke rekening non-Himbara lebih lambat daripada rekening Himbara.

Dicky memastikan verifikasi data penerima bansos sesuai kriteria yang dipersyaratkan sudah masuk finalisasi. sudah masuk tahap Salah satunya, karyawan harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek dengan upah yang dilaporkan di bawah Rp5 juta per bulan.

Untuk memastikan bansos tepat sasaran, Kemnaker terus melakukan verifikasi dari data yang diserahkan oleh BP Jamsostek. Sesuai petunjuk teknis, Kemnaker memiliki waktu paling lama empat hari untuk melakukan checklist. "Kita menunggu laporan dan setoran (data) dari BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Menurut Dicky, data dari BP Jamsostek paling akurat dari data-data yang ada. Dia yakin penyaluran bansos dengan menggunakan data BP Jamsostek lebih transparan, valid, dan akuntabel.

Artikel Asli