BEI: Kinerja Pasar Saham Global Mulai Recovery

Ekonomi | okezone | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:40
BEI: Kinerja Pasar Saham Global Mulai Recovery

JAKARTA Pasar saham global diperkirakan mulai kembali pulih meski pandemi virus corona masih melanda. Hal tersebut bisa dilihat dari pergerakan indeks Nasdaq dalam Bursa Saham Amerika Serikat (AS), Wall Street.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) Laksono W Widodo mengatakan, emiten-emiten yang ada di Nasdaq mulai kembali pulih. Perusahaan teknologi pun bergerak positif selama pandemi ini.

“Kinerja bursa saham global ada beberapa recovery. Terutama Nasdaq. Itu banyak perusahanan teknologi,” kata Laksono dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Universitas Sriwijaya, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga: Rakyat Menanti Pidato Jokowi Selamatkan Ekonomi dari Resesi

Menurutnya, selain pandemi, penyebab pasar saham dunia mengalami kelesuan karena menjelang pemilihan presiden di Amerika Serikat.

Selain itu, sentimen negatif juga datang dari etegangan hubungan dagang antara negeri Paman Sam dengan China. Hal ini turut memengaruhi kondisi di pasar saham dunia.

“Kita tahu sedang ada pandemi dan dialami semua negara. Dunia saa ini sedang berusaha untuk bangkit kembali. Pengaruh dari pemilu di Amerika Serikat juga memengaruhi ekonomi di dunia. Ketegangan geopolitik juga berpengaruh,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Pidato Nota Keuangan, Apa Pengaruhnya ke Pasar Saham?

Menurut dia, keadaan itu juga berdampak kepada aktivitas ekonomi di Tanah Air. Sehingga, para pebisnis di Indonesia memilih menyimpan uangnya ketimbang berinvestasi di bursa saham

“Di Indonesia juga sedang berusaha meningkatkan ativitas ekonomi kita. Kita juga alami keran defisit mengharuskan perubahanan kekuatan dari sistem finansial di Indonesia,” kata dia.

Artikel Asli