Harga Beras Naik, Pemerintah Instruksikan Bulog Segera Lepas Cadangan ke Pasar

Harga Beras Naik, Pemerintah Instruksikan Bulog Segera Lepas Cadangan ke Pasar

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 6 Februari 2023 - 20:21
share

IDXChannel - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto merespons harga beras yang masih tinggi di pasaran. Dia mengatakan pemerintah sudah menginstruksikan Bulog untuk melepas cadangan beras sehingga harganya segera stabil.

"Cadangan beras per hari ini sekitar 555.979 ton, dan ini diminta segera dimasukan ke pasar sehingga harga bisa terjaga," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers, Senin (6/2/2023).

Dia juga menerangkan mahalnya harga beras akibat masalah ketersediaan dan waktu panen yang baru akan terjadi pada Maret mendatang.

"Sehingga sekarang yang bisa dilakukan pemerintah adalah memperkuat cadangan beras. Nanti saat mulai panen, kita berharap Bulog segera menyerap gabah dari masyarakat," imbuhnya.

Dihimpun dari laman infopangan.jakarta.go.id, Senin (6/1/2023), untuk harga beras premiun di pasar DKI Jakarta dijual dengan harga rata-rata Rp13.114/kg, dengan harga tertinggi mencapai Rp17.000/kg, dan harga terendah Rp10.000/kg.

Harga tersebut masih berada di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp9.450 per kg. (NIA)

Topik Menarik