WeChat dan TikTok Terancam Diblokir di AS, China Tak Segan Boikot iPhone

Ekonomi | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 15:03
WeChat dan TikTok Terancam Diblokir di AS, China Tak Segan Boikot iPhone

BEIJING, iNews.id - Amerika Serikat (AS) mengancam akan memblokir aplikasi asal China seperti WeChat dan Tiktok. China tak tinggal diam dan berencana memboikot Apple, perusahaan teknologi asal Amerika.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengeluarkan ancaman itu lewat media sosial Twitter. Dia memperingatkan jika aplikasi China diblokir, maka produk-produk AS seperti Apple akan diboikot warga Tiongkok.

"Jika memang WeChat dilarang Amerika, maka tidak ada alasan lagi China harus membiarkan produk Apple seperti iPhone dan lainnya tetap beroperasi. Banyak orang China yang mengatakan mereka bisa berhenti menggunakan iPhone jika WeChat dilarang di AS, ini sudah merupakan penindasan ekonomi sistematis terhadap perusahaan non-Amerika," tulis Zhao, dikutip dari Straits Times, Sabtu (29/8/2020).

Selain WeChat, Presiden AS, Donald Trump sebelumnya memberikan batas waktu kepada TikTok untuk menjual bisnisnya di Amerika kepada perusahaan AS. Batas waktu berakhir pada September 2020.

Aksi blokir memblokir tersebut membuat hubungan kedua negara makin tegang. Beijing dan Washington sebelumnya telah terlibat dalam perang dagang yang merugikan ekonomi kedua negara.

Cuitan Zhao tersebut menuai beragam komentar dari pengguna media sosial di Negeri Tirai Bambu itu. Sebagian besar mendukung rencana boikot tersebut.

"Saya menggunakan Apple, tapi saya juga mencintai negara saya," ujar salah satu pengguna di platform Weibo mirip Twitter. "Tidak peduli seberapa bagus Apple, itu hanya telepon, bisa diganti tapi WeChat berbeda," tulis pengguna lain.

Artikel Asli