Ini Alasan Bansos Karyawan untuk Rekening selain 4 Bank BUMN Lebih Lama Cair

Ekonomi | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 12:45
Ini Alasan Bansos Karyawan untuk Rekening selain 4 Bank BUMN Lebih Lama Cair

JAKARTA, iNews.id - Program bantuan sosial (bansos) bagi karyawan diluncurkan pada 27 Agustus 2020. Mereka yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta memperoleh bantuan Rp2,4 juta yang cair dalam dua tahap masing-masing Rp1,2 juta.

Kepala Biro (Kabiro) Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Soes Hindharno mengatakan, penerima bansos yang sudah memperoleh bantuan adalah mereka yang memiliki rekening salah satu dari empat bank BUMN, yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN.

"Keempat bank inilah, bank negara yang menyalurkan ke rekening calon penerima manfaat, kemungkinan besar (yang belum menerima) menggunakan bank lain. Artinya, ada pekerja yang memiliki rekening di luar bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara)," katanya saat dihubungi, Sabtu (29/8/2020).

Soes memastikan, mekanisme pencairan bansos karyawan dari APBN ke perbankan sudah sesuai prosedur. Dia menyebut, proses transfer dana APBN ke bank-bank Himbara memang lebih cepat. Sementara untuk pencairan ke bank-bank di luar Himbara maksimal lima hari.

"Contohnya dari BRI di Cililitan, karena kita menggunakan KPPN 3 disetorkan ke BRI di Aceh, ini sehari sampai tentunya. Tapi begitu dari BRI, BNI, Mandiri, atau BTN di setorkan ke Maybank di Kalimantan Barat, itu maksimalnya dalam 5 hari, itu aturan internal perbankan," kata Soes.

Oleh sebab itu, dia mengimbau persoalan ini tak dibesar-besarkan. Dia memastikan karyawan yang berhak akan menerima bantuan karena kuota penerima mencapai 15,7 juta orang. Selain itu, bantuan dijamin tepat sasaran karena langsung ditransfer ke rekening penerima.

"Rekan-rekan di seluruh penjuru yang ikut program ini jangan sampai jadi polemik, kok teman-teman saya sama-sama di perkebunan sudah sampai, kok saya belum, ini kemungkinan harus dicek, teman Anda adalah bank-nya Himbara, adapun yang belum hanya menunggu waktu saja. Saya punya keyakinan banknya bukan satu manajemen dengan Himbara tapi non-Himbara," tuturnya.

Artikel Asli