Pabrik Jadi Klaster Covid-19, DPR Sebut Ada Kelalaian soal Protokol Kesehatan

Ekonomi | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 11:24
Pabrik Jadi Klaster Covid-19, DPR Sebut Ada Kelalaian soal Protokol Kesehatan

JAKARTA, iNews.id - Komisi VI DPR mendesak penerapan protokol kesehatan di pabrik-pabrik diperketat. Hal tersebut menyusul temuan 242 buruh pabrik LG Electronics di Cibitung yang positif Covid-19.

Anggota Komisi VI DPR, Evita Nursanty menilai, pengawasan perlu dilakukan secara ketat karena pabrik menjadi klaster baru Covid-19. 

Dia kaget atas temuan lebih dari 200 buruh di salah satu pabrik di Kabupaten Bekasi itu positif terinfeksi virus corona. Menurut Evita, temuan itu mengindikasikan ada kelalaian penerapan protokol Covid-19. 

"Ini membuktikan bahwa protokol kesehatan itu tidak benar-benar dijalankan di industri. Kita tidak ingin industri ini menjadi klaster baru dari penyebaran Covid-19," kata Evita, Sabtu (29/8/2020).

Politisi Fraksi PDIP tersebut menilai, temuan itu harus menjadi perhatian bersama bahwa kawasan industri itu harus menjalankan protokol kesehatan. Jangan sampai muncul kasus serupa di pabrik-pabrik lainnya.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita sebelumnya menyebut, ada ratusan buruh LG Electronics yang positif Covid-19. Pabrik tersebut memang diizinkan untuk beroperasi karena banjir pesanan ekspor.

Dia juga mengklaim, pabrik-pabrik yang diizinkan untuk beroperasi saat pandemi telah berkomitmen menjalankan operasional dengan protokol kesehatan yang ketat.

Artikel Asli