5 Cara Menata Furnitur agar Rumah Terlihat Cantik

Ekonomi | okezone | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 11:05
5 Cara Menata Furnitur agar Rumah Terlihat Cantik

JAKARTA - Menata furnitur di rumah menjadi kegiatan terakhir dalam penataan ruangan. Furnitur yang dipilih tentu harus disesuaikan dengan besarnya ruangan.

Ragam furnitur yang bisa digunakan seperti lukisan, patung, atau foto-foto di ruang kumpul. Perlu juga memperhatikan, jangan sampai furnitur yang dipilih membuat ruang seakan berkesan penuh.

Baca Juga: Rumah Mungil Terlihat Luas dengan Pintu Geser

Pemilihan furnitur harus sesuai dengan suasana dan kondisi ruang. Agar tujuan awalnya untuk mengisi ruang sehingga tidak terbuang sia-sia.

Melansir dari buku Ragam Inspirasi Partisi karya Agah Nugraha Muharam, Kiranasasi Wiryawan dan Taufik Hidayat, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Berikut beberapa tips menata furnitur rumah.

1. Agar ruang terasa lega, gunakan warna terang seperti putih, krem, abu muda pada elemen ruang. Baik dinding, lantai, plafon, bahkan furnitur.

2. Jika memilih warna yang tidak terang, bisa juga dengan memilih warna merah, hitam, biru tua atau warna gelap lainnya yang menjadi aksen cantik asalkan tidak dominan. Imbangi dengan penggunaan warna terang pada dinding, lantai atau plafon untuk menghindari kesan ruang berat.

Baca Juga: Arti Fasade dalam Konstruksi, Cermin si Pemilik Hunian

3. Furnitur yang digunakan sebaiknya yang dapat fleksibel dan multifungsi. seperti penggunaan sofabed atau kursi dengan laci di bawahnya.

4. Untuk menyulap kamar tidur agar terkesan luas, lemari penyimpanan pakaian dapat diletakan di sudut ruangan menyatu dengan meja rias yang langsung bersentuhan dengan tempat tidur. Agar memiliki fungsi lebih banyak, tempat tidur atau ranjang dapat diberi laci untuk menyimpang pakaian atau seprei kesayangan.

5. Jangan ragu untuk menentukkan sendiri tata furnitur yang sesuai dengan selera.

Artikel Asli