Harga Minyak Turun, Brent Dijual USD45,04/Barel

Ekonomi | okezone | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 07:30
Harga Minyak Turun, Brent Dijual USD45,04/Barel

JAKARTA - Harga minyak turun pada perdagangan Jumat, karena Badai Laura yang melewati lokasi kilang minyak Amerika Serikat (AS) di Louisiana dan Texas tidak menyebabkan kerusakan. Perusahaan pun mulai memulai kembali operasi sehingga membuat harga minyak turun.

Minyak mentah berjangka Brent turun 5 sen menjadi USD45,04 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate ditutup 7 sen atau 0,2% lebih rendah pada USD42,97 per barel.

“Perdagangan minyak telah diunggulkan kemajuan yang kuat di awal minggu karena pasar melihat dampak Badai Laura, diikuti dengan penghapusan produksi setelah datangnya badai sebagai dampak terbatas di lepas pantai atau aktivitas penyulingan diindikasikan,” kata Presiden Ritterbusch and Associates, Jim Ritterbusch, dilansir dari CNBC, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga: Stok AS Turun, Harga Minyak Dunia Naik Tipis

Badai Laura melanda Louisiana pada Kamis pagi dengan kecepatan angin 150 mil per jam (240 km per jam). Badai tersebut menewaskan sedikitnya enam orang, merusak bangunan hingga menumbangkan pohon. Listrik terputus di Louisiana dan Texas, tetapi kilang minyak di sekitarnya terhindar dari banjir besar.

Namun sebelumnya, produsen minyak telah menutup produksi sebanyak 1,56 juta barel per hari (bpd) atau 83% dari produksi di Teluk Meksiko. Kemudian sembilan kilang lain juga menutup sekitar 2,9 juta bpd kapasitas, atau 15% dari kapasitas pemrosesan AS.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Naik di Tengah Ancaman Badai Tropis

Sebelumnya, Harga minyak mentah terus naik mencapai level tertinggi dalam lima bulan terakhir. Hal tersebut usai produsen minyak AS menutup sebagian besar produksinya di Teluk Meksiko menjelang Badai Laura.

Minyak mentah berjangka Brent naik 83 sen atau 1,8% menjadi USD45,96 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate naik 73 sen atau 1,7% menjadi USD43,35 per barel. (fbn

Artikel Asli