Dolar AS Lesu, Yen Meroket Usai PM Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri

Ekonomi | okezone | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 07:21
Dolar AS Lesu, Yen Meroket Usai PM Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri

JAKARTA - Kurs Dolar Amerika Serikat (AS) jatuh pada karena kerangka kebijakan Federal Reserve AS menunjukkan bahwa suku bunga akan tetap rendah. Sementara yen menguat setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya.

Federal Reserve mengumumkan perubahan kebijakan yang memungkinkan inflasi dan lapangan kerja berjalan lebih tinggi untuk terus mendukung perekonomian. Bank sentral akan berupaya untuk menjaga inflasi pada rata-rata 2%.

Baca Juga: The Fed Incar Inflasi 2%, Indeks Dolar Naik Tipis

Pergerakan ini mengindikasikan bahwa suku bunga cenderung mendekati nol untuk jangka waktu yang lama. Di mana sebelumnya, The Fed telah menaikkan suku bunga terlebih dahulu untuk mencegah tingkat inflasi yang lebih tinggi.

Rupiah Menguat 40 Poin dari Dolar AS di Tengah Ancaman Korona

Indeks dolar pun melemah 0,5% lebih rendah pada 92,513. Dolar juga melemah terhadap euro 0,4% menjadi USD1,1875.

Baca Juga: Buntuti Pasar Saham, Indeks Dolar AS Menguat

Sementara itu, Yen menguat secara signifikan terhadap dolar setelah berita pengunduran diri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, karena kondisi kesehatan yang memburuk.

Hal tersebut pun menjadi kekhawatiran bahwa akan terjadi pergeseran kebijakan ekonomi ekspansif Abe, yang dikenal sebagai Abenomics. Ini mendorong pergerakan mata uang safe haven.

Artikel Asli