Dibangun Cepat, Bandara YIA Bisa Tahan Gempa hingga Tsunami 12 Meter

Ekonomi | okezone | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 06:08
Dibangun Cepat, Bandara YIA Bisa Tahan Gempa hingga Tsunami 12 Meter

JAKARTA - Bandara International Yogyakarta (YIA) yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta telah diresmikan. Diketahui, bandara tersebut mampu menahan guncangan gempa hingga 8,8 skala richter (SR) hingga gelombang tsunami setinggi 12 meter.

"Bandara baru ini didesain memiliki daya tahan terhadap gempa sampai hingga 8,8 skala richter, juga bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter. Insyallah ini sudah dirancang untuk ke sana semuanya," ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menuturkan, Bandara YIA telah selesai dibangun 100%. Bahkan pengerjaan bandara ini sangat kilat yakni hanya 20 bulan. "Cepat sekali," imbuhnya.

Selain itu, bandara YIA memiliki keunggulan dibanding bandara pendahulunya yakni Adi Sucipto. Jokowi memaparkan bahwa bandara baru tersebut memiliki runway lebih panjang yakni 3.250 dan mampu menampung pesawat berukuran besar.

"Kalau kita bandingkan ini dengan airport lama yang di Adisutjiipto, panjang runway yang di sana 2.200 meter. Yang di sini 3250. Jauh lebih panjang. Di sana hanya untuk pesawat yang narrow body. Di sini bisa didarati, ini saja saya baru mendapatkan informasi, bisa didarati Airbush A380 dan Boeing 777. Pesawat gede-gede bisa turun di sini karena runwaynya 3.250," jelas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menambahkan bahwa pembebasan lahan untuk membangun Bandara YIA menghabiskan anggaran sebesar Rp4,2 triliun. Sedangkan untuk konstruksinya Rp7,1 triliun. Dengan demikian total pembangunan bandara ini sebesar Rp11,3 triliun.

Dia pun menyebut Bandara Internasional Yogyakarta sebagai yang terbaik di Indonesia untuk saat ini.

Baca selengkapnya: Intip Kecanggihan Bandara YIA yang Tahan Gempa hingga Tsunami 12 Meter

Artikel Asli