Konsumsi Orang Kaya Menurun, Menkeu: Masih Beli Barang Online Tapi Enggak Nongkrong Lagi

Ekonomi | okezone | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 03:05
Konsumsi Orang Kaya Menurun, Menkeu: Masih Beli Barang Online Tapi Enggak Nongkrong Lagi

JAKARTA - Adanya pandemi memang menekan sejumlah pemasukan hampir setiap orang. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bahwa hal tersebut juga mempengaruhi daya beli sejumlah kalangan.

Walaupun daya konsumsi menurun, para masyarakat menengah atas masih melakukan kegiatan digital yakni berbelanja barang secara online.

Kelompok menengah atas konsumsinya menurun, tapi masih melakukan beberapa kegiatan digital yang mana masih membeli barang online. Walaupun mereka pindah ke digital untuk membeli barang. Tapi enggak mensubtitusi ekonomi karena mereka udah enggak nongkrong di warung dan bisokop karena pandemi," ujar Menkeu dalam video virtual.

 

Selain itu dirinya melanjutkan bahwa akan membuat instrumen termasuk dengan belanja yang akan disiapkan dengan baik untuk menjaga perekonomian sekaligus membantu masyarakat. Pemerintah juga telah menetapkan anggaran PEN sebesar Rp695,2 triliun untuk semua sektor hingga membantu UMKM yang paling terdampak Covid-19.

"Jadi poin saya adalah kalau dari resource APBN kita, 2020 itu sudah mengalokasikan cukup banyak resource untuk mendorong baik dari sisi demand and supply," tandasnya.

Baca selengkapnya: Sri Mulyani : Orang Kaya Sudah Enggak Nongkrong hingga ke Bioskop

Artikel Asli