Heboh soal Usulan Biaya Haji Jadi Rp69 Juta, Begini Kata Sahrul Gunawan

Heboh soal Usulan Biaya Haji Jadi Rp69 Juta, Begini Kata Sahrul Gunawan

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 28 Januari 2023 - 08:32
share

JAKARTA, celebrities.id - Sahrul Gunawan, artis yang juga pemilik bisnis travel umroh dan haji angkat bicara soal kenaikan biaya haji.

Sahrul Gunawan setuju mengenai usulan naiknya biaya haji menjadi Rp69, 1 juta dari tahun sebelumnya sebesar Rp39,8 juta. Hal ini mengingat, jika dihitung kembali biaya perjalanan haji memang cukup mahal.

"Kalau saya kan memang jualannya untuk yang ONH plus jadi pastinya berbeda. Tapi sebetulnya kalau kita kalkulasi dari perjalanan ibadahnya, fasilitas yang diberikan sudah bagus, kayanya memang gak mungkin kalau sampai Rp39 juta, belum tiket pesawat aja berapa, kalau haji range-nya beda tapi katakan lah Rp30 juta, nah emang bisa mengcover Rp10 juta untuk seluruhnya belum lagi dapat uang saku," ucap Sahrul Gunawan saat dihubungi, Jumat (27/1/2023).

"Jadi, memang betul perhitungannya masuk akan kalau itu disubsidi. Tapi mohon maaf ya saya juga tidak terlalu paham berapa sih yang bisa tercover dari subsidi BPKH, tapi saya kira perlu diberikan gambaran masyarakat (tentang biaya asli haji)," ujarnya.

Sahrul Gunawan juga sempat bertemu dengan Ace Hasan, selaku Wakil Ketua Komisi VIII. Setelah berbincang soal biaya haji, dia pun makin memaklumi ketika terjadi kenaikan.

"Saya sebetulnya di beberapa kesempatan saya pernah mendampingi Pak Ace dan beliau memberikan perhitungan detail, oh ya masuk akal juga," ujar Sahrul Gunawan.

Kendari demikian, Sahrul Gunawan menginginkan adanya sosialisasi lebih luas dengan waktu yang cukup. Ini bertujuan agar para calon jemaah dapat mempersiapkan diri.

"Perlu adanya sosialisasi yang lumayan lah waktunya sehingga mereka bisa prepare nih kalau kurang, jadi mereka bisa mempersiapkan anggarannya untuk melunasi yang memang sudah kebagian porsinya di tahun ini misalnya," tuturnya.

Apabila memungkinkan, Sahrul Gunawan juga berharap BPKH masih bisa mengcover biaya haji dengan anggaran sebelum diusulkan kenaikan. Kemudian, baru pada tahun berikutnya lah usulan biaya haji naik sampai Rp69,1 juta ini dijalankan.

Sahrul juga lantas berdoa agar para calon jamaah haji dibukakan pintu rezeki seluas-luasnya agar mampu mendapat jalan keluar demi bisa melunasi biaya kenaikan ibadah haji.

Topik Menarik