Kinerja BCA Tokcer, Sektor Perbankan Berpotensi Makin Cerah

Kinerja BCA Tokcer, Sektor Perbankan Berpotensi Makin Cerah

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 10:11
share

IDXChannel Kinerja sektor perbankan diprediksi bakal makin cemerlang tahun ini. Salah satu indikatornya yaitu kinerja PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA yang berhasil mencetak laba bersih secara konsolidasi sebesar Rp40,7 triliun sepanjang 2022.

Nilai tersebut tumbuh 29,6% secara tahunan ( year on year /yoy). Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengatakan, tak hanya perbankan big caps seperti BCA yang akan terus berkembang, tetapi juga hingga bank-bank kecil.

"Menurut saya untuk kinerja perbankan besar, menengah dan kecil akan kurang lebih sama dengan kinerja mereka di Tahun 2022," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (27/1/2023).

Amin menilai, efek krisis global akibat inflasi, kenaikan suku bunga bank sentral seluruh dunia, kondisi geopolitik dan masih berlanjutnya perang Rusia Ukraina yang dikatakan membawa dampak krisis juga ke Indonesia.

Menurutnya, justru hal tersebut tidak akan memberikan dampak besar, malah dampaknya terhadap Indonesia masih di bawah 5%.

"Indonesia lebih banyak PDB-nya dihasilkan dari konsumsi domestik dan pertumbuhan bisnis UMKM," kata dia.

Dengan demikian, peluang sektor perbankan untuk terus tumbuh di 2023 akan terbuka lebar. Apalagi didorong oleh beberapa aspek seperti pertumbuhan kredit dan UMKM.

"Jadi peluang pertumbuhan perbankan di 2023 masih akan baik dan tidak jauh dari pertumbuhan industri tersebut di tahun 2022," pungkasnya.

(FRI)

Topik Menarik