4 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Bisa Meraup Banyak Keuntungan

4 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Bisa Meraup Banyak Keuntungan

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 26 Januari 2023 - 16:01
share

IDXChannel - Apa saja jenis investasi jangka pendek yang wajib diketahui? Biasanya jenis investasi ini diterapkan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Investor pemula yang baru terjun ke dunia investasi harus siap menghadapi tantangan dan risiko yang akan diterimanya. Pastikan sebelum terjun untuk memilih investasi jangka pendek, Anda perlu menentukan tujuan investasi Anda sendiri.

Nah, dalam hal ini yang akan kami ulas adalah jenis-jenis investasi jangka pendek. Tim IDXChannel telah menghimpun informasinya dari berbagai sumber. Simak sampai selesai!

4 Jenis Investasi Jangka Pendek

1. Obligasi

Salah satu instrumen investasi yang satu ini termasuk jenis investasi jangka pendek. Melakukan pembelian surat berharga atau ikut andil dalam membangun proyek pemerintah biasanya menentukan waktu jatuh tempo mulai dari 1 hingga 3 tahun.

Para investor yang berkecimpung di instrumen tersebut akan diberikan imbalan dan bunga dari perusahaan terkait. Obligasi juga termasuk investasi yang memiliki tingkat resiko rendah.

2. Reksadana Pasar Uang

Jenis investasi jangka pendek selanjutnya yakni adalah Reksadana. Investor pemula sangat cocok jika memilih Reksadana sebagai instrumen investasi mereka. Selain mudah dan dikelola oleh manajer investasi secara langsung.

Reksadana juga memiliki resiko yang rendah untuk para investor. Meskipun ada banyak jenis reksadana, alangkah baiknya Anda memilih Reksadana Pasar Uang.

3. Peer to Peer (P2P) Lending

P2P lending merupakan salah satu jenis investasi jangka pendek yang cukup populer akhir-akhir ini. P2P lending memiliki tujuan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman secara online.

Dalam hal ini sang lender (pemberi pinjaman) akan lebih diuntungkan karena bisa mendapatkan bunga mulai dari 15 hingga 20 persen per tahun.

4. Deposito

Produk perbankan yang dikeluarkan oleh instansi lembaga perbankan ini banyak jadi incaran para investor. Bagi pemula, memilih jenis investasi jangka pendek yang satu ini sangat cocok.

Disamping itu, deposito juga terjamin keamananya oleh bank. Lebih dari itu, para investor yang berkecimpung di deposito juga akan memperoleh bunga yang menggiurkan.

Demikianlah informasi mengenai jenis investasi jangka pendek yang bisa diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat untuk Anda.

Topik Menarik